DAERAH  

Dapat Bantuan Kemensos, Penyandang Disabilitas di Bali Senang Bisa Kembali Bekerja

Bali, Nusantarapos – Kementerian Sosial menyerahkan berbagai bantuan kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Bangli Bali. Penyerahan bantuan itu bertepatan dengan peingatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2022.

Bantuan yang diserahkan bersumber dari empat Sentra Terpadu dan Sentra yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementerian sosial. “Jumlah bantuan yang diserahkan secara keseluruhan senilai lebih dari 3,5 milyar”, ujar Plt. Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Nursyamsu di Bangli, Rabu (20/12).

Bantuan yang diberikan bukan hanya peralatan aksesibilitas, tetapi juga bantuan untuk meningkatkan taraf hidup Penerima Manfaat (PM) agar bisa lebih produktif. “Terdapat Motor Viar roda tiga,  motor mio, walker, Kruk, bantuan wirausaha dan berbagai bantuan lainnya” tambah Nursyamsu.

Kegiatan yang berlangsung di Alun-Alun Kabupaten Bangli, di buka oleh Menteri sosial Tri Rismaharini dari Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Klungkung secara daring.

Peringatan HDI dan HKSN untuk Indonesia Melihat, Indonesia Mendengan, Indonesia Melangkah dan Bebas Pasung. Risma juga mengingatkan untuk penyamarataan Hak untuk para disabilitas.

Salah satu PM penerima bantuan motor Viar merasa senang mendapatkan bantuan yang bisa mempercepat pekerjaannya. “Saya bersyukur dan bahagia karena telah menerima Motor Viar untuk usaha mengirim barang sehari-hari. Made juga menyampaikan rasa terima kepada Kementerian Sosial yang memberikan bantuan untuk memudahkan akses dan bekerja sehari-hari”, ungkap I Made Sumerta Jaya (42).