banner 970x250
BISNIS  

Casa Creativa Pro, Wadah Bagi Pelaku Usaha Untuk Membangun Bisnis Fashion

Amanda Sotya Rusli dan Fia Prasetyahadi/Foto: Arie

Jakarta, Nusantarapos – Dunia fashion tanah air mengalami kemajuan pesat. Brand lokal pun bermunculan mewarnai pasar, namun tak sedikit pula yang harus jatuh bangun menghadapi ketatnya persaingan bisnis.

Mensiasati hal tersebut, rumah kreatifitas Casa Creativa Pro hadir dan mengajak para pemilik brand untuk bergabung dan mengembangkan bisnis bersama.

Dalam hal ini, Casa Creativa Pro menjadi wadah berkumpulnya brand-brand lokal maupun UMKM yang ingin berkreativitas di industri fashion Indonesia yang sangat menjanjikan.

Casa Creativa Pro didirikan oleh Fia Prasetyahadi, yang memang lulusan sekolah mode. Dia kemudian mengajak rekannya Amanda Sotya Rusli, yang berpengalaman bertahun-tahun bekerja di salah satu perusahaan mode ternama asal Italia. Mereka berdua ingin menyalurkan ilmu kepada pelaku usaha yang baru terjun di bisnis fashion.

“Untuk membantu kreativitas mereka, bisa merealisasikan mimpi mereka untuk punya brand. Kita bantu mulai dari nol, bahkan dari mereka belajar desain, cutting, produksi sampai mereka menjual dan memasarkan. Jadi (Casa Creativa Pro) fungsinya disitu, ” ujarnya saat diwawancarai Nusantarapos di bilangan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2022).

Sampai saat ini sudah 10 brand yang telah bergabung dengan Casa Creativa Pro. Fia pun membuka kesempatan bagi brand lokal lain untuk bergabung.

“Harapannya sih biar mengurangi brand luar masuk kesini, biar kita sama-sama hidup, survive, karena dunia fashion disini besar banget dan pasarnya luar biasa, ” ungkapnya.

Sementara itu, Amanda Sotya Rusli menjelaskan bahwa setelah bergabung di Casa Creativa Pro, pemilik brand akan diberikan kebebasan berkreasi serta waktu yang memadai untuk menentukan model pakaian yang ingin dipasarkan.

“Kita kasih waktu biar nggak buru-buru, nggak ditekan. Jadi kita menghargai etika bisnis dimana kita menghargai secara emosional dan fisik. Karena kita tahu creativity hadir kalau kita bahagia, ” papar Amanda.

Ke depan, tak hanya modest wear, Casa Creativa Pro juga akan fokus memasarkan jenis busana lain. “Kita ingin nggak hanya di modest wear, tapi Indonesia suka banget dan bisnisnya luas. Kita mau ke ready to wear dan evening gown, ” jelasnya.

Pada Februari 2023 mendatang, Casa Creativa Pro rencananya akan membuka store dan show room di Mall fX Sudirman Jakarta. (Arie)