banner 970x250
MUSIK  

Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa, Konser Tunggal Iwan Fals yang Monumental

JAKARTA, NUSANTARAPOS – Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa adalah tajuk dari sebuah konser yang digarap oleh Lukis Creative dan akan dilangsungkan pada 25 Februari 2023 nanti di Ciputra Artpreneur.

Dalam gelaran perdananya, acara ini mengajak Iwan Fals untuk sama-sama menyuguhkan sebuah pertunjukan yang dikemas secara dekat, intim, dan personal. Konsep yang diusung oleh Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa adalah sebuah penggambaran akan rasa cinta kepada alam, manusia, dan Tuhan. Sebuah konsep yang secara langsung dekat kepada setiap individu manusia, karena trilogi (alam, manusia, dan Tuhan) ini tergambar di hampir semua kepercayaan yang menjadi landasan hidup umat manusia.

“Petisi Cinta : Manusia Setengah Dewa akan digelar di Ciputra Artpreneur Theater yang berkapasitas lebih dari 1000 orang. Konser ini akan menjadi konser tunggal dari Iwan Fals dengan konsep yang teatrikal, megah, dan eksklusif. Nantinya, setiap pesan dari pagelaran ini akan direpresentasikan lewat dekorasi panggung, tata cahaya, dan berbagai unsur lain termasuk dari repertoar lagu, sehingga menciptakan olah rasa yang akan mengalir secara emosional dan personal ke setiap penonton,” ujar Dinar Adhyanti selaku CEO dari Lukis Creative yang ditemui pada Press Conference yang digelar di kantor Lukis Creative, Kamis (12/1/2023) melalui Siaran Pers.

Tidak hanya Iwan Fals saja, Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa juga mengajak seniman lain seperti Butet Kartaredjasa, Dewi Gita, Dikta Wicaksono, dan Syarikat Idola Remaja untuk menjadi kolaborator. Alam dan lingkungan memang menjadi salah satu fokus dan keresahan utama seorang Iwan Fals yang ia tumpahkan di karya-karya barunya, termasuk lewat album ‘Pun Aku’ yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Pohon yang tumbuh subur tanpa harus tumbang, angin segar yang menerpa tanpa ada polutan, dan sungai-sungai dengan air jernih tanpa sampah adalah sebuah kondisi alam yang diimpikan oleh seorang Iwan Fals.

Dalam rangka menunjukkan perhatian terhadap isu alam dan lingkungan serta keadaan hutan & alam yang sehat, pihak promotor bersama manajemen Iwan Fals akan melakukan aksi nyata menanam kurang lebih seribu bibit pohon sebagai langkah kecil untuk pelestarian lingkungan, sekaligus menunjukkan bawah seni – dalam konteks ini ialah musik – bisa menjadi salah satu medium untuk menyelamatkan dan memperbaiki keadaan alam dari berbagai ancamannya.

“Sejak dulu, musik sudah memiliki hubungan erat dengan suku pedalaman yang menggunakannya sebagai medium pengungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Lagu-lagu yang bertemakan lingkungan juga bisa menggerakkan dan menginspirasi orang untuk melakukan sesuatu yang baik kepada alam. Semangat inilah yang dibawa oleh Petisi Cinta: Manusia Setengah Dewa. Melalui musik, kita bisa melakukan aksi nyata untuk lebih menyayangi alam.” ungkap Iwan Fals.