DESA  

Program Baru Pegadaian Area Malang, SADARI Emas Telah Resmi Dibuka di Desa Tulungrejo

Batu, Nusantarapos.co.id – PT Pegadaian Area Malang bersama mahasiswa Universitas Ma Chung telah meresmikan program Sadari Emas di Desa Tulungrejo yang merupakan tempat wisata edukasi pertanian, Sabtu (28/1/2023).

Program Sadari Emas, singkatan dari Desa Sadar Investasi Emas merupakan program baru PT Pegadaian Area Malang yang dibuat untuk membangun kesadaran masyarakat desa dalam berinvestasi emas. Dalam program ini, masyarakat diajak untuk mengumpulkan sampah dan dapat ditukarkan ke dalam bentuk tabungan emas.

Adapun kegiatan lainnya dalam peresmian program Sadari Emas, seperti senam sehat dan open booth bagi para pelaku UMKM sekitar Desa Tulungrejo. Selain itu, masyarakat juga dapat mengunjungi booth Pegadaian untuk mengenal produk Pegadaian dan membuka tabungan emas.

Saat ini sudah ada 18 RW Desa Tulungrejo yang berinvestasi tabungan emas di Pegadaian. Hal ini dipelopori oleh para mahasiswa Universitas Ma Chung yang mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah dan mendapatkan tabungan.

Selain peresmian Sadari Emas, terdapat lomba Tulungrejo Inovasi Peduli Sampah (TIPS) dimana masyarakat tiap RW nya membuat kerajinan dari sampah plastik dan berhadiahkan tabungan emas, berlaku untuk 3 pemenang.

PT Pegadaian Area Malang diharapkan dapat terus melakukan sosialisasi dan literasi kepada para masyarakat di Desa Tulungrejo dan program Sadari Emas perlu diperluas lagi di seluruh kecamatan Malang, Batu, dan sekitarnya karena dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan berinvestasi emas.(Aryo).