Kirun Doakan Danrem 081/DSJ Kolonel Deni Lekas Raih Bintang di Pundaknya

Madiun, Nusantarapos – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki berkunjung ke kediaman H. Syakirun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kirun, seorang tokoh seniman ludruk atau pelawak yang berasal dari Madiun, Jawa Timur.

Ludruk sendiri merupakan kesenian khas dari Jawa Timur. Lewat seni ludruk itulah, nama besar Kirun terus dikenal hingga saat ini.

Dalam perbincangan keduanya, Kirun mengaku senang dengan kedatangan Danrem di rumahnya di Desa Bagi, Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun. Rumahnya yang tampak luas itu juga terdapat Padepokan Seni Kirun miliknya.

“Terima kasih bapak Danrem atas kedatangannya,” kata Kirun mengawali pembicaraannya, Selasa (7/2/2023).

“Terima kasih juga abah (panggilan untuk Kirun) sudah meluangkan waktunya untuk kami,” timpal Danrem.

Kepada Danrem, Kirun pun lantas bercerita tentang kedekatannya dengan para petinggi TNI-Polri. “Pak Panglima TNI itu teman saya, pak Kasad, pak Kasal, pak Kasau dan pak Kapolri semuanya kenal baik. Kemarin kami juga sempat main wayang orang bersama di Surabaya,” ujar Kirun.

“Sukses besar acara kemarin itu, penonton sangat terhibur sekali melihat para petinggi TNI-Polri yang terkenal tegas dan disiplin mampu memainkan perannya masing-masing,” imbuhnya.

Kirun pun menilai, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kepala Stafnya dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan sosok pecinta dan pelestari kesenian.

Sementara itu, selain mengapresiasi jiwa seni yang dimiliki oleh Kirun, Danrem juga mengungkapkan bahwa, dalam waktu dekat akan diadakan karya bakti skala besar di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun yang merupakan tanah kelahiran Panglima TNI.

“Nanti ada karya bakti skala besar di Desa Garon yang akan dibuka oleh Aster Panglima TNI pada tanggal 15 bulan ini. Bapak Panglima TNI juga akan meninjau langsung pelaksanaannya nanti,” bebernya.

Untuk itu, Danrem meminta, agar Kirun dapat mendoakan dan mendukung suksesnya gelaran karya bakti skala besar TNI tersebut. “Minta doa dan dukungannya ya abah, semoga semuanya dapat berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Pertemuan kedua tokoh itu pun diakhiri dengan doa dari Kirun, agar Kolonel Inf Deni Rejeki yang akan segera mengakhiri tugasnya sebagai Danrem 081/DSJ dapat segera meraih pangkat bintang di pundaknya.