DAERAH  

20 Jeep Willys Siap Bawa Kirab Penghargaan Adipura Kencana Keliling Jalan Protokol Surabaya

Sekretaris DLH Kota Surabaya Achmad Eka Mardijanto saat konferensi pers di eks kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Selasa (28/2/2023).

Surabaya, Nusantarapos.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan 20 mobil jeep willys untuk membawa kirab penghargaan Adipura Kencana Tahun 2022. Kirab yang akan dilaksanakan pada Rabu (29/2/2023) tersebut, sebagai wujud syukur atas keberhasilan Kota Surabaya meraih penghargaan Adipura Kencana yang ketujuh kalinya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Achmad Eka Mardijanto mengatakan, selain Adipura Kencana, ada pula beberapa penghargaan lain yang turut diarak bersama. Yakni, penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) serta Adiwiyata tingkat Mandiri dan Nasional.

“Kemudian terakhir ada Nirwasita Tantra untuk green leadership yang berbasis peduli lingkungan. Jadi (total) ada empat penghargaan,” kata Eka Mardijanto saat konferensi pers di eks kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Selasa (28/2/2023).

Ia menjelaskan bahwa rombongan kirab jeep willys akan dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Tak hanya itu, sejumlah perwakilan Perangkat Daerah (PD), Satgas, Tokoh Masyarakat hingga kepala sekolah juga akan turut serta dalam arak-arakan. 

“Untuk Adipura Kencana nanti (dibawa) Pak Wali Kota didampingi teman-teman PD dan Satgas. Kemudian ada kepala sekolah yang memperoleh penghargaan (Adiwiyata) dan untuk Nirwasita Tantra juga beberapa masyarakat ikut di sana,” ujar dia.

Eka juga menyebutkan, bahwa arak-arakan ini akan dimulai di Jalan Raya Ahmad Yani (depan Gedung Graha Pena) menuju Taman Surya Balai Kota Surabaya. Setelah sampai di lokasi finish, penghargaan Adipura Kencana akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Surabaya.

“Ceremonial kita menyerahkan kepada perwakilan masyarakat Surabaya, dalam hal ini interpretasinya adalah dewan (DPRD Surabaya). Jadi kita serahkan kepada ketua dewan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Soe Priyo Utomo menerangkan, bahwa kirab akan dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB. Sedangkan untuk persiapannya, dimulai sejak pukul 04.00 WIB di halaman Gedung Graha Pena.

“Untuk persiapan besok mulai pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Setelah Pak Wali Kota tiba di Bandara Juanda, langsung menuju Graha Pena Insyaallah pukul 10.00 WIB, langsung 10.30 berangkat menuju Balai Kota Surabaya,” kata Priyo Utomo.

Priyo lantas menjelaskan rute arak-arakan penghargaan Adipura Kencana. Pertama, dimulai start di Jalan Ahmad Yani, Jalan Wonokromo, Jalan Raya Darmo, Jalan Urip Sumoharjo dan Jalan Basuki Rachmat. Selanjutnya, melintas di Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso dan finish di Jalan Walikota Mustajab atau Taman Surya Balai Kota Surabaya.

“Untuk persimpangan jalan yang dilewati seperti Jalan Raya Darmo, Jalan Bengawan terus Jalan Polisi Istimewa dan Jalan Kartini, dilakukan sistem buka tutup. Apabila (rombongan) sudah melintas, baru bisa mengikuti di belakangnya,” jelas Priyo.

Sementara itu, Priyo juga menyebutkan, bahwa rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di kawasan Jalan Walikota Mustajab, tepatnya 10 menit sebelum rombongan melintas. Yakni kendaraan dari Jalan Ngemplak yang akan menuju Jalan Walikota Mustajab diarahkan sementara ke Jalan Simpang Dukuh.

Demikian pula kendaraan yang dari Jalan Jaksa Agung Suprapto menuju Jalan Walikota Mustajab, diarahkan putar balik saat rombongan akan melintas.

“Jadi 10 menit sebelum rombongan melintas itu dilakukan penutupan (Jalan Walikota Mustajab). Setelah rombongan masuk ke dalam Taman Surya, baru dibuka lagi, setelah itu normal semua,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, Surabaya menerima penghargaan Adipura Kencana 2022 kategori Kota Metropolitan. Penghargaan ini diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Jakarta, Selasa (28/2/2023). Penghargaan Adipura Kencana ini merupakan yang ketujuh kalinya diterima oleh Pemkot Surabaya. (Aryo)