Dewa 19 Merilis Lagu Love is Blind, Berkolaborasi dengan Musisi Senior Amerika

Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan saat Peluncuran lagu Love is Blind/Foto: Arie Septiani

Jakarta, Nusantarapos – Dewa 19 hari ini meluncurkan video klip lagu Love Is Blind. Lagu ini merupakan recycle dari lagu Dewa 19 berjudul Cinta Itu Buta yang pernah dibawakan Judika pada 2012 silam saat formasi Mahadewa.

Kini lagu tersebut direcycle ke dalam bahasa Inggris. Dhani mengajak para musisi senior Amerika berkolaborasi membawakan lagu tersebut, antara lain Ron Bumblefoot, Derek Sirenian, Simon Philips, Billy Sheehan, Jeff Scott Soto, dan Dino Jelusic.

Ahmad Dhani mengatakan, “Ini adalah sebuah lagu recycle, lagu ini pernah dinyanyikan Mahadewa tahun 2012. Ya 10 tahun lalu, syutingnya Desember 2012. Waktu itu penyanyinya Judika. Kenapa (berkolaborasi)? Kita menawarkan kerjasama kepada musisi yang kita anggap dewanya Amerika. Maka dari itu saya harus memilih sebuah lagu yang kita dengarkan mereka tidak reject, tidak malu untuk memainkannya. Musisi itu ada duitnya tapi nggak melulu duit, karena musisi itu juga punya idealisme. Musisi ini punya basis penggemar yang cukup lama jadi mereka nggak mau dicela warga +01 (Amerika Serikat). Maka dari itu saya harus milih lagu yang mewakili mereka juga, ” kata Dhani saat jumpa pers di Hotel 101 Urban Thamrin, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Menurut ayah Al El Dul ini, lagu Love is Blind memiliki chord yang bagus. “Karena lagu ini sirkulasi reffnya itu blow their mind, artinya mencengangkan mereka. Reffnya ini chordnya itu cuma ada 2 band di Indonesia yang punya, Queen dan Dewa 19. Sirkulasi chordnya itu bukan sesuatu yang pasaran, ” terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa kolaborasi ini dibuat dalam rangka perayaan 30 tahun karirnya bersama Dewa 19 di industri musik tanah air. Dan suami Mulan Jameela ini hanya melibatkan Andra Ramadhan, dengan alasan sejak awal Dewa 19 berdiri, hanya Andra satu-satunya personil yang tidak pernah hengkang dari grup Dewa 19.

“Jadi ini kebetulan 2022 itu, Dewa 19 merayakan 30 tahun celebration berkarir, itu adalah tahunnya saya dan Andra berkarir. Ari Lasso bersama kami 30 tahun, tapi kan Ari Lasso sudah bukan member. Saya dan Andra sama-sama mengarungi lika liku bisnis industri musik. 30 tahun itu adalah usia karir saya dan Andra. Jadi hanya saya dan Andra yang merayakan kesuksesan ini dengan membuat kolaborasi dengan musisi dewa di Amerika Serikat, ” papar Dhani lagi.

Sementara itu, Andra yang berada disamping Dhani menjelaskan bahwa video klip Love is Blind juga dibuat di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Pembuatan video klip ini dilaksanakan di LA, ada studio disitu kita bikin setengah harian terus bungkus. Mereka (musisi Amerika) semua, kita syuting dengan format green screen. Data dikirim ke kita dan nanti kita lihat video klipnya, ” beber Andra. (Arie)