Pendampingan Pertanian, Anggota Kodim 0801/Pacitan Siapkan Lahan Tanaman Padi.

Pendampingan Pertanian, Anggota Kodim 0801/Pacitan (Pendim)

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Guna menyukseskan program swasembada pangan bagi masyarakat di wilayah, Serka Muklisin anggota Kodim 0801/Pacitan terjun langsung ke sawah untuk melakukan pendampingan kepada petani dalam penyiapan lahan tanaman padi, bertempat di Kel. Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Rabu (05/04/2023).

Upaya pendampingan ini akan terus dilakukan secara rutin, mulai dari penyiapan lahan, pengolahan, penyemaian, pemeliharaan, pemupukan, hingga nantinya saat panen. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong dan memotivasi para petani, agar lebih giat lagi dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya.

Dalam keterangannya di lokasi, anggota Kodim 0801/Pacitan mengatakan, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab TNI kepada para petani di wilayah, dalam meningkatkan swasembada pangan yang optimal, serta kemajuan perekonomian bagi masyarakat.

“Kemanunggalan antara TNI dengan rakyat harus tetap terjaga dengan baik, utamanya dalam meningkatkan program swasembada pangan. Tingkatkan koordinasi yang baik dengan Dinas Pertanian agar tujuan dapat tercapai secara optimal”, ujar anggota Kodim 0801/Pacitan saat di konfirmasi awak media.

Kemudian, dirinya meminta kepada para petani untuk dapat terus berinovasi dengan memunculkan ide-ide kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertaniannya secara maksimal dan berkualitas.

“Untuk mendapatkan suatu inovasi, para petani harus aktif menggali informasi dari berbagai sumber yang valid dan kompeten. Sehingga dapat menemukan suatu cara atau pola baru yang cocok untuk diterapkan dan memberikan hasil positif terhadap hasil pertanian”, ungkapnya. (RLS)