DAERAH  

10+ Daftar Menu Sahur yang Sehat Agar Tidak Lemas, Cocok untuk Warga Jatim

Masakan Khas Jatim (Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/high-angle-plate-with-keto-diet-food-nuts_22380112.htm#query=makanan%20sahur%20sehat&position=5&from_view=search&track=ais)

JAKARTA,NUSANTARAPOS,-Sahur adalah waktu makan sangat penting bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Ia bukan hanya sekedar mengisi perut, tetapi juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh selama berpuasa.

Menu sahur yang sehat dan seimbang harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Selain itu, makanan yang dikonsumsi secara sehat juga harus bervariasi agar tidak bosan dan menarik selera. Untuk yang bingung memikirkan menu sahur sehat, inilah dia beberapa rekomendasinya.

  1. Sup Sayur

Menu ini sangat praktis dan sehat. Sayuran yang terkandung memiliki serat dan vitamin yang baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi berkat kandungan air yang melimpah.

  1. Oatmeal

Salah satu bahan makanan yang lengkap dengan karbohidrat kompleks adalah oatmeal. Maka dari itu, tidak heran jika beberapa orang memilih oatmeal sebagai santapan sahurnya. Selain itu, ia juga mengandung serat yang tinggi dan bisa membuat kenyang lebih lama.

  1. Tamie Capcay

Capcay bisa disebut sebagai tumisan sayuran yang menyehatkan dan mengenyangkan, karena dalam satu porsi capcay biasanya terdapat wortel, kubis, buncis, jagung manis, sawi putih, brokoli hingga bakso, telur, dan daging.

  1. Ubi Ungu Pisang Kukus

Ubi ungu adalah sumber karbohidrat yang mengandung antioksidan dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Sedangkan, pisang adalah sumber karbohidrat yang mengandung potasium dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Keduanya cocok dijadikan menu tambahan untuk sahur.

  1. Mun Tahu

Ini merupakan masakan yang dimasak dengan bumbu-bumbu lengkap dengan bahan tahu sebagai sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tulang dan otot.

  1. Nasi Tumpeng

Satu porsi nasi tumpeng biasanya dilengkapi dengan lauk dan sayur yang menyehatkan juga mengenyangkan. Ada telur, daging ayam, hingga makanan tambahan lain yang menyeimbangkan gizi untuk memberikan energi ekstra selama berpuasa.

  1. Omelet Gulung

Menu sahur simpel ini cukup lezat dan mengenyangkan. Agar menunya lebih sehat, kamu bisa tambahkan sayuran dan santap dengan makanan pendamping lain seperti daging.

  1. Sereal

Praktis dan sehat, menu yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Untuk rasa yang lebih enak lagi, coba tambahkan susu atau yogurt serta buah-buahan segar seperti stroberi, kiwi, atau pisang.

  1. Sayur Bening

Mirip seperti sayur sop, namun kali ini kuah sayur bening lebih light dan segar. Ia disebut sebagai superfood karena dalam satu porsinya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Cocok dijadikan menu sahur.

  1. Salmon Panggang

Jika bosan dengan ayam, bisa ganti dengan ikan. Salah satu ikan yang bernutrisi tinggi adalah salmon. Untuk sahur, kamu bisa coba olah dengan cara memanggangnya. Lengkapi menu ikan dengan sayuran juga, ya.

  1. Tumis Udang

Udang juga bisa jadi opsi terbaik sebagai pilihan menu sahur sehat. Kamu bisa mengolahnya dengan cara menumis bersama sayuran.

  1. Cumi Asam Manis

Penyuka cumi bisa memasukkan bahan ini sebagai menu sahur sehat. Agar menunya lebih nikmat, coba masak cumi pakai bumbu asam manis.

Itulah beberapa rekomendasi menu sahur yang sehat, enak, dan praktis untuk dibuat di rumah. Dengan memilih menu sahur yang tepat, kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan sehat.

Apabila kamu terlalu repot untuk memasak untuk sahur, coba pesan makanan secara online. Salah satu ekspedisi yang menyediakan layanan pesan antar makanan secara cepat dan aman adalah Lalamove. Bahkan, Lalamove bisa mengirim nasi tumpeng tanpa kerusakan sedikit pun.

Untuk jasa kirim barang atau makanan, Lalamove memberikan beberapa opsi armada, baik berupa kendaraan beroda dua, empat atau bahkan lebih, silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Harga pengirimannya pun terjangkau, jadi segera nikmati santap sahur dengan membeli makanan online yang siap diantar oleh Lalamove, yuk!