Kopassus Rayakan Peringatan HUT Ke-71 Secara Khidmat dan Sederhana

Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan

Jakarta, Nusantarapos – Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen Iwan Setiawan memimpin perayaan HUT Kopassus Ke-71 di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (17/4/2023). Beliau menggantikan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurrahman yang harus bertugas ke Papua.

Tema Perayaan HUT Ke-71 adalah “Kopassusku, Kopassus Kita, Patriot NKRI Untuk Indonesia”. Acara yang dimulai pukul 16.00 WIB dilaksanakan secara sederhana namun khidmat, tanpa disertai defile, terjun payung, dan parade alutsista.

Dalam kesempatan itu, Mayjen Iwan Setiawan juga membacakan amanat dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurrahman. “Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh keluarga besar Korps baret merah dimanapun berada dan dimanapun bertugas, disertai ucapan terimakasih yang tulus serta apresiasi dan kebanggaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasi yang luar biasa melalui persembahan karya-karya terbaik TNI Angkatan Darat untuk bangsa dan negara yang sangat kita cintai,” ujarnya.

HUT Kopassus Ke-71 di Lapangan Makopassus, Senin (17/4/2023)/Foto: Arie Septiani

Dia melanjutkan, bahwa peringatan HUT Kopassus pada hakikatnya menjadi momentum refleksi atas sejarah kelahiran, pengabdian serta evaluasi atas kinerja yang selama ini telah dilakukan.

“Peringatan HUT juga merupakan bagian dari tradisi satuan yang harus dipelihara untuk menjaga kebanggaan, kehormatan, dan kemuliaan satuan, ” paparnya.

Kasad juga mengajak kepada seluruh keluarga besar prajurit Kopassus untuk mengingat kembali bahwa keberhasilan dan prestasi yang diraih oleh Kopassus tidak terlepas dari hasil rintisan yang telah dilakukan oleh para pendahulunya.

Kemudian ketika diwawancarai awak media, Danjen Kopassus menyatakan, “Saya berpesan kepada seluruh prajurit Kopassus dimanapun berada, sesepuh senior dimanapun berada, jaga kehormatan baret merah, ” pungkas Mayjen Iwan Setiawan. (Arie Septiani)