DAERAH  

Bojonegoro Perdana Masuk Top 10 Nasional, Memberi Semangat di Hari Otoda

Bojonegoro, Nusantarapos.co.id – Kabupaten Bojonegoro terus menorehkan prestasi membanggakan. Terbaru, Bojonegoro meraih penghargaan kategori 10 besar pemerintahan daerah berkinerja tertinggi secara nasional tahun 2022. Bupati Anna Mu’awanah menegaskan prestasi tersebut harus terus ditingkatkan dan memberi semangat untuk prestasi di hari mendatang. 

Penegasan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah tersebut disampaikan saat Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dirangkai bersama dengan peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023, Selasa (2/5/2023) di alun-alun Bojonegoro.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan kepada semuanya karena Bojonegoro meraih penghargaan kategori 10 besar pemerintahan daerah berkinerja tertinggi secara nasional tahun 2022. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan minimal bisa dipertahankan,” harap Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei bertema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Sementara Hari Otonomi Daerah diperingati setiap 25 April bertema Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul. Upacara diikuti Forkopimda, jajaran OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, siswa SD, SMP dan SMA, mahasiswa dan tamu undangan. 

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam amanatnya menyampaikan momen ini mengingatkan pada perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang memperjuangkan hak pendidikan bukan hanya untuk keturunan Belanda dan orang kaya. Tapi pendidikan adalah hak seluruh rakyat Indonesia. 

Bupati Anna mengucapkan, saat ini pemberian akses pendidikan mudah, juga peluang untuk meraih pendidikan setinggi yang dimampu. Tentunya tanpa adanya label bahwa pendidikan tinggi hanya milik sekelompok atau orang yang memiliki kemampuan finansial. 

Oleh karena itu, sebagai aset bangsa, Bupati mengajak mewujudkan cita-cita negara untuk kecerdasan kehidupan bangsa. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan memanfaatkan pendidikan sebagai media untuk meningkatkan kualitas diri.

Bupati juga menjelaskan terkait Indonesia Emas 2045, yakni masa depan Indonesia yang sejak lama dicita-citakan. Untuk itu, pemerintah telah menyusun Empat (4) Pilar Visi Indonesia 2045. Salah satunya pembangunan sumber daya manusia. Sejalan dengan hal tersebut, setelah 27 tahun otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, sumber daya manusia yang ditandai dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia. 

“Saya mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Tahun 2023, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar dan Selamat Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023, Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul,” pungkas Bupati. [cs/nn]

Adapun 4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu : 
1. Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
3. Pemerataan Pembangunan
4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

(Aryo)