DAERAH  

Sudah 3 Bulan Belum Ada Pembayaran Publikasi HPN 2023, Inilah Penjelasan Kasubag Humas DPRD Kab Bogor

DPRD Kabupaten Bogor

CIBINONG, NUSANTARAPOS,- Diduga kinerja tidak profesionalnya administrasi yang dilakukan di lingkungan Humas DPRD Kabupaten Bogor terkait pembayaran publikasi kepada sejumlah perusahaan Media.

Hal tersebut dugaan perkuatnya dengan adanya statement yang dilontarkan oleh Kasubag Humas DPRD kabupaten Bogor yang mengatakan bahwa pada saat ini Keuangan seakan-akan masih di Proses.

Pasalnya, sejumlah awak media yang bertugas di lingkungan Pemkab Bogor mengatakan, media dimiliki dirinya merasa seperti diduganya memperlambatkan dengan dibayarkannya biaya Publikasi yang telah diproduksi oleh perusahaan medianya hampir selama 3 bulan. “Heran saja pembayaran Publikasi Ucapan HPN 2023 dari DPRD Kabupaten Bogor dengan diduganya alesan klasik masih di Proses, kok Proses nya sampai lama 3 bulan berjalan”, ujarnya.

Diungkapkan oleh Kasubag Humas DPRD Kabupaten Bogor Sumilah menjelaskan, “iya Allah masih di Proses”, ujarnya kepada wartawan saat di konfirmasi, Minggu (07/05/23).

Namun hal tersebut, diduga hanya omongan belaka yang tidak ada kepastiannya. Pihak Pejabat Humas DPRD kabupaten Bogor, hanya memberikan janji-janji manis saja.

Hingga sampai saat ini masih belum adanya kejelasannya pembayaran Publikasi Ucapan HPN 2023, bahkan tidak ada transparan bagi rekan media untuk pendataannya.

DIDUGA OKNUM PEJABAT HUMAS DPRD KABUPATEN BOGOR MINIM INFORMASI LIPUTAN MEDIA

Disisi lainnya diungkapkan oleh salah satu wartawan yang tidak mau sebutkan namanya bertugas Liputan di wilayah Kabupaten Bogor menjelaskan, “humas seharusnya memberikan informasi undangan liputan kegiatan anggota Dewan ataupun rilis yang dibutuhkan Wartawan untuk disampaikan ke masyarakat tanpa diminta Wartawan”, ujarnya Rabu (10/05/23)

Dirinya menilai, “Sayangnya, sampai saat ini profesi Wartawan ini masih dianggap sebelah mata oleh pihak Humas. Padahal humas berperan membangun citra positif bagi sebuah lembaga, baik swasta maupun pemerintah. Profesi Humas bahkan memiliki peran penting dalam membangun hubungan antar media dan menjadi jembatan antara lembaga dengan publik”, ujarnya.

Perlu diketahui, Peran humas sekarang semakin penting dengan adanya era kebebasan informasi. Dengan adanya kebebasan pers, masyarakat semakin kritis dan bisa menyampaikan apa saja yang ingin diketahui.

Informasi itu bisa didapat dari berbagai macam sumber. Di era sosial media peran humas juga sangat dibutuhkan karena humas akan mengemas informasi dengan baik, benar dan akurat.

Mirisnya lagi, seringkali humas pemerintah cenderung tertutup dan reaktif. Seharusnya humas pemerintah itu sebelum terjadi krisis sudah harus merencanakan program. Ada yang namanya planning public relation program. Semua informasi yang sekiranya dibutuhkan masyarakat harus disampaikan meski tak ada yang bertanya.(Rizky)