Wagub Maluku Ajak Peserta Kongres GAMKI untuk Membawa Spirit Kebangsaan

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno ketika memberikan sambutan di penutupan Kongres XII GAMKI.
Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno ketika memberikan sambutan di penutupan Kongres XII GAMKI.

Ambon, NUSANTARAPOS.CO.ID – Rangkaian pelaksanaan Kongres XII GAMKI di Kota Ambon resmi berakhir yang ditandai dengan acara penutupan sekaligus ramah tamah diatas KMP Tanjung Sole, di perairan Teluk Ambon, Maluku, Jumat (19/5/2023) petang hingga malam.

Kongres ini berlangsung sejak Minggu (14/5/2023) yang dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo.

Pada malam penutupan ini, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno berharap para peserta Kongres GAMKI ini membawa pulang spirit Ambon yakni spirit perdamaian, persaudaraan dan kebangsaan.

Apalagi akhir dari kongres ini merupakan awal dari agenda-agenda yang sementara berjalan maupun untuk masa yang akan datang.

Dan dalam konteks berpolitik, tentu tidak dapa menafikan dinamika politik jelang 2024 dan mesti disikapi dalam kematangan dan kedewasaan.

“Saudara-saudara yang akan kembali ke daerah masing-masing dan menghadapi agenda tahun politik, bawalah spirit Ambon yakni spirit perdamaian, persaudaraan dan kebangsaan,”pesannya saat berikan sambutan.

Masih kata Wagub, pelaksanaan kongres GAMKI di Ambon, menjadi pertanda kepercayaan terhadap provinsi Maluku dan Kota Ambon pada khususnya sebagai daerah yang aman dan damai serta nyaman untuk kegiatan dengan jumlah peserta yang banyak tetapi juga punya atmosfer yang memungkinkan lahirnya ide-ide dan gagasan-gagasan cerdas yang futuristik.

“Saya mengapresiasi atas dipilihnya Maluku khususnya Kota Ambon sebagai tempat pelaksanaan event bertaraf nasional,”ucapnya.

Tak hanya itu saja, Wagub juga berpesan, untuk terus konsolidasikan dominasi orang muda untuk mengakselerasi perubahan daerah dan bangsa.

“Kiranya spirit GAMKI memberi dampak positif dalam bersinergi dengan OKP lainnya untuk terus maju dan bergerak bersama mewujudkan tatanan sosial kebangsaan yang makin solid,”ingatnya.