HUKUM  

Inaugurasi IKAPI Angkatan XII, Ketum Oscar Harap Anggota Miliki Profesionalisme

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita sedang menyematkan pin kepada salah satu anggota baru.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) menggelar Inaugurasi Kurator dan Pengurus IKAPI angkatan XII dan juga Halal Bihalal 1444 Hijriah di Hotel Pullman Jakarta, Jumat (26/5/2023) malam. Sebanyak 83 anggota baru dilantik langsung oleh Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita pada malam yang penuh dengan kebersamaan itu.

Disela kegiatan kepada wartawan Oscar Sagita mengatakan, kurator adalah profesi yang harus tahan terhadap godaan dan hambatan dalam kepengurusan kepailitan dan PKPU.

“Saya berharap anggota baru bisa melewati semua hambatan sehingga berkembang untuk menjadi seorang kurator dan pengurus yang profesional,” ucapnya.

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita sedang membacakan sumpah kepada 83 anggota IKAPI.

Oscar sangat yakin bahwa 83 anggota baru itu memiliki profesionalisme dan kapabilitas tinggi dalam menjalankan profesinya sesuai dengan hukum dan etika profesi

Oscar juga berpesan kepada anggota baru tersebut, apa yang didapat selama masa pendidikan maupun ujian, itu tidak cukup karena ilmu hukum dan kepailitan terus mengalami perkembangan.

“Itu merupakan hal yang terus diikuti dan didalami semua kurator, untuk perkembangan ilmu hukum dan perekonomian di Indonesia,” tuturnya.

Ketua Umum IKAPI Oscar Sagita sedang memberikan sambutan di acara Inaugurasi IKAPI angkatan XII dan Halal Bihalal 1444 Hijriah.

Inaugurasi sendiri adalah rangkaian proses seleksi yang dilakukan IKAPI lewat pendidikan intensif kurator dan pengurus pada November dan Desember 2022.

Dilanjutkan dengan ujian sertifikasi kurator dan pengurus yang diselenggarakan IKAPI, bekerjasama dengan DITJEN AHU Kemenkumham pada Januari dan Maret 2023.

Suasana penuh keakraban terlihat saat Inaugurasi IKAPI angkatan XII dan Halal Bihalal 1444 Hijriah.

Untuk acara Halal Bi Halal sendiri, kata Oscar terdiri untuk semua angkatan, bukan hanya angkatan tertentu saja.

“Karena kebetulan berdekatan dengan inaugurasi jadi kita satukan dan ini agenda rutin yang dilakukan oleh IKAPI,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal IKAPI R Primaditya Wirasandi mengatakan IKAPI concern pada kualitas bukan pada kuantitas dalam setiap penerimaan anggota.

Sebuah band yang membawa lagu-lagu Noah semakin memeriahkan acara pasca Inaugurasi dan Halal Bihalal.

“Sehingga kepada 83 rekan-rekan keluarga baru IKAPI, patut untuk berbangga atas hasil perjuangannya baik dalam pendidikan maupun ujian yang lalu,” kata dia.

Acara tersebut dihadiri jajaran pengurus IKAPI, Para Dewan Sertifikasi, Dewan Kehormatan, Dewan Pembina dan seluruh anggota IKAPI dari lintas angkatan sebanyak 500 orang serta perwakilan dari Direktur Jenderal AHU Kemenkumham.

Di akhir acara tersebut diisi dengan kegiatan musik dan dansa bersama, bahkan salah satu penyanyi dengan epik menyanyikan lagu-lagu Noah Band sehingga hadirin yang ada di malam itu terlihat sangat bahagia.