banner 970x250
DAERAH  

Wah Pantes BBM Jenis Pertalite di Pom Pertamina Sering Habis? Ini Dugaan Penyebabnya

Mobil Pick Up Sedang Mengisi BBM Diduga Pemblandong (Foto: Joko)

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pom Pertamina di Kelurahan Ploso yang merupakan Pom pertama didirikan di Pacitan ini diduga masih memberikan pelayanan kepada pemblandong BBM jenis Pertalite yang notabene merupakan BBM subsidi untuk rakyat.

Hal ini ditemukan di lapangan, Minggu (4/6/23) sekitar pukul 20.00 WIB dengan adanya dugaan pengisian BBM jenis Pertalite ke sebuah pick up yang dimodifikasi agar BBM jenis pertalite ini bisa masuk tanpa kelihatan jerigennya.

Mereka, pemilik mobil pick up yang diduga sebagai pemblandong BBM ini menyalurkan BBM jenis Pertalite dengan memberi saluran dari belakang kursi pengemudi yang kemudian BBM tersebut masuk ke dalam tanki modifikasi yang dibuatnya.

Mereka pun rata-rata mengisi pada malam hari agar tidak terlalu mencolok bagi para pengisi BBM lainnya. Bahkan tanpa merasa bersalah, para penjaga pom memberikan pelayanan kepada orang yang mengisi BBM jenis Pertalite ini sehingga para pemblandong lebih leluasa dalam mengisi BBM untuk dijual kembali.

Padahal BBM jenis pertalite ini pemerintah sudah melarang pembelian dengan menggunakan jerigen.Pasalnya Kementerian ESDM No 13/2017 mengenai ketentuan penyaluran bahan bakar minyak melalui penyalur sudah diberikan surat edaran dimana dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa badan usaha penyalur dalam hal ini Pertamina hanya dapat menyalurkan bahan bakar kepada pengguna langsung terutama untuk sektor transportasi dan kebutuhan rumah tangga bukan untuk dijual kembali.

Namun sayangnya hingga saat ini pihak penegak hukum diduga belum melakukan tindakan kepada pemblandong yang nakal karena dengan adanya kegiatan tersebut sering sekali para pengguna BBM jenis Pertalite ini sering kehabisan di Pom Pertamina. (JOKO)