TMMD  

Di Dampingi Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai, Danrem Menutup Secara Resmi TMM Ke-116 di Desa Tou

Banggai, Nusantarapos – Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigadir Jenderal TNI Toto Nurwanto resmi menutup kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116, Kodim 1308/LB di Desa Tou, Kecamatan Moilong, Kabupaten Banggai, Kamis (8/6/2023).

Selain Danrem Acra tersebut juga di hadiri unsur Forkopimda Kabupaten Banggai yaitu Wakil Bupati Banggai Furqanudin Masulili, Ketua DPRD Soeprapto, Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta, Camat Moilong, Kapolsek Toili dan tokoh tokoh masyarakat Desa Tou, Minahaki, dan Desa Saluan.

Upacara yang di langsungkan sekira pukul 09.00 WITA di ikuti peserta upacara dari TNI, Polri, Satpol PP dan Sekolah Dasar (SD) Desa Tou.

Dalam Sambutannya Danrem menyatakan jika tujuan dari pelaksanaan TMMD bukan hanya berfokus pada pelaksanaan pembangunan infrastruktur Desa tetapi juga untuk menjaga sinergi Lintas Sektoral dalan mewujudkan
Kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Karena jika sinergi antara TNI dan Rakyat terjadi itu akan menjadi tambahan energi dan semangat untuk terus berjuang bersama rakyat dalam membangun negeri. Bagaimanapun juga, TNI lahir dari rakyat, sehingga keberadaannya pun harus bermanfaat bagi rakyat, dan akan selalu manunggal dengan rakyat.

“Di setiap kegiatan TMMD, kita
dapat menyaksikan cucuran keringat
dan semangat gotong-royong serta
kebersamaan yang terpancar di setiap
wajah para Prajurit TNI dan masyarakat,” ungkap Danrem.

Danrem juga mengaku aparat terkait yang bekerja di lapangan adalah refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa untuk membangun Indonesia. “Semangat kebersamaan seperti Inilah yang menjadi hakikat kemanunggalan TNI – Rakyat, yang mampu menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh,” kata Danrem.

Selama kurang lebih satu bulan sejak upacara pembukaan pada 10 Mei 2023 lalu, para Prajurit TNI telah bekerja bersama-sama dengan masyarakat
dan komponen bangsa lainnya serta perangkat daerah setempat, untuk
menyelesaikan seluruh sasaran
kegiatan TMMD, baik fisik maupun
nonfisik.

Di akhir sambutannya Danrem kembali menekankan jika TMMD ini dapat tercapai dan terlaksana dengan baik
berkat semangat gotongroyong dan kerja sama yang baik di
antara seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) terkait.

“Selaku Pengendali Kegiatan
Operasional TMMD di wilayah Kodam XIII/Merdeka, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggitingginya atas hasil yang telah dicapai oleh Satgas TMMD ke-116 beserta seluruh warga masyarakat Desa Tou dan Desa Minahaki Keberhasilan ini tak Lepas dari partisipasi aktif dan dukungan penuh pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat serta Instansi terkait,” tutup Danrem.

Furqanudin Masulili selaku wakil bupati Banggai juga menyatakan apresiasinya atas keberhasilan TNI khususnya Kodim 1308/LB yang telah bekerja sama dengan pemerintah Daerah Kabupaten Banggai untuk hadir di tengah tengah masyarakat dalam memberikan bantuan melalui program TMMD.

“Kami selaku pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada Kodim 1308/LB atas sinergi dukungan kepada pemerintah Daerah. Kedepannya kami berharap kegiatan seperti ini bisa di adakan kembali,” harap Wabup.