Bentuk Generasi Muda Berkarakter, Kodim 0801/Pacitan Gelar Persami Saka Wira Kartika

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Dalam rangka untuk membina generasi muda kepramukaan, Kodim 0801/Pacitan menggelar Persami dan pelantikan anggota Saka Wira Kartika, bertempat di lapangan Kodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Sabtu (10/06/2023). 

Pada momen tersebut di pimpin oleh Kapten Inf Murhadi selaku Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan, dengan mengambil tema, “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan”.

Kegiatan ini merupakan wujud satuan dalam membina generasi muda, untuk lebih meningkatkan rasa cinta tanah air serta kesadaran bela negara, sehingga terbentuk insan yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur.  

Dalam pengarahannya saat memimpin acara tersebut mengucapkan selamat kepada anggota Saka Wira Kartika yang baru saja di lantik, untuk dapat beradaptasi guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta mengembangkan bakatnya di bidang kepramukaan.

“Ini merupakan suatu wadah dalam membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa Kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air, pantang menyerah dengan semangat bela negara”, kata Pasi Ter dalam sambutannya. 

Kemudian, melalui pendidikan kepramukaan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya pengaruh pergaulan bebas, perkembangan teknologi, serta budaya asing yang mengarah pada perpecahan dan upaya menghilangkan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat. 

“Jadilah pemuda yang memiliki jasmani dan rohani yang kuat, mampu beradaptasi dengan situasi apapun, memiliki cita-cita yang mulia serta tekad dan keyakinan yang berpegang pada Dasa Dharma dan Trisatya”, ungkapnya kepada anggota Saka Wira Kartika. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, dirinya juga sangat percaya dan yakin, bahwa kehadiran Saka Wira Kartika dapat menjadi pelopor dan agen perubahan bagi lingkungan masyarakat, bangsa dan negara serta merasa terpanggil pada saat bangsa membutuhkannya.