HUKUM  

Beredar Kabar KPK Usut Dugaan Mentan Syahrul Yasin Limpo Tersandung Kasus Korupsi

Kantor KPK (Foto: Rizky)

JAKARTA, NUSANTARAPOS,-Dikabarkan dengan beredarnya informasi rencana penetapan tersangka ini berdasarkan ekspose yang dihadiri oleh seluruh pimpinan KPK pada Selasa,(13/06/23). Kabar Mentan diduga dijadikan tersangka diketahui, berdasarkan unggahan akun Instagram @pedeoproject pada Rabu (14/6/2023).

“Dalam informasi terbatas itu disebutkan bahwa SYL (Syahrul Yasin Limpo) selaku Menteri Pertanian 2019-2024 bersama-sama dengan KSD (Sekjen Kementerian Pertanian 2021 s/d sekarang) dan HTA (Direktur Pupuk Pestisida 2020-2022/Direktur Alat Mesin Pertanian tahun 2023) telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi (TPK),” tulis akun tersebut.

Diungkapkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tidak politis. Dia menyebut KPK bekerja sesuai dengan tugas pokok yang ada.

“Saya ingin pastikan bahwa memang KPK itu bekerja sesuai dengan azas-azas pelaksanaan tugas pokok KPK Salah satunya adalah akuntabilitas dan keterbukaan,” ujar Firli kepada wartawan di kantor KPK, Jakarta, Kamis (15/06/2023).

Firli mengatakan kasus ini masih tahap penyelidikan. Tapi, KPK tidak bisa membendung informasi di era keterbukaan seperti saat ini.

Walaupun sebenarnya perkara tersebut masih dalam tahap penyelidikan. Jadi saya kira nanti anda ikuti saja, pada saatnya KPK akan menyampaikan apa hasil penyelidikan itu,” sebutnya.

Namun Firli tak menjelaskan secara rinci pengusutan dugaan korupsi di Kementan. Firli pun kembali menegaskan bahwa apa yang terjadi di KPK sepenuhnya proses hukum, tidak ada unsur politis.

“Jadi apa yang terjadi KPK, itu sepenuhnya adalah proses hukum. Tidak ada proses lain. Tidak ada politis,” ujarnya.

Disisi lainnya diungkapkan oleh Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) buka suara terkait dirinya dikabarkan menjadi bidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan).

SYL enggan menjelaskan lebih jauh terkait penyelidikan yang dilakukan oleh KPK yang saat ini tengah mendalami dugaan korupsi di lingkup Kementan.

Adapun berdasarkan kabar yang beredar di media sosial, Mentan Syahrul Yasin Limpo diduga terlibat kasus korupsi bersama-sama dengan jajaranya yakni Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta diusulkan sebagai tersangka.(Rizky)