Upaya Penurunan Angka Stunting, Kodim 0801/Pacitan Menggelar Workshop Stunting

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pagi ini, Kodim 0801/Pacitan menggelar kegiatan Workshop Stunting kepada para anggota Babinsa dan Persit KCK Cabang XV Pacitan, bertempat di Aula Kopral Sigit Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Rabu (21/06/2023). 

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama antara Kodim 0801/Pacitan dengan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan, guna mengatasi percepatan penurunan angka Stanting khususnya di Kab. Pacitan. 

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menekankan kepada seluruh Babinsa di wilayah masing-masing untuk dapat berperan aktif membantu tenaga kesehatan dalam mengatasi percepatan penurunan angka Stanting. 

“Stunting merupakan masalah serius dan sangat berbahaya yang dapat mengganggu pertumbuhan anak disebabkan oleh faktor kekurangan gizi dalam waktu yang cukup panjang, sehingga harus mendapat penanganan lebih intensif”, kata Dandim dalam pengarahannya kepada para Babinsa. 

Kemudian sebagai Duta Bapak Asuh Stanting Dandim juga mengingatkan kepada seluruh anggota jajaran dan masyarakat, agar memberikan imunisasi kepada anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya, serta memberikan asupan gizi yang seimbang, sehingga terhindar dari Stunting.

“Untuk menjaga kekebalan tubuh berikan anak imunisasi.Selain itu, bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan perlu adanya gizi yang seimbang, yaitu dianjurkan memperbanyak makanan yang mengandung sumber protein, disamping juga harus mengonsumsi buah dan sayur”, jelas Dandim. 

Dandim berharap, melalui upaya kerja keras para Babinsa di lapangan, serta terus berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan dan pemerintah daerah akan dapat menekan angka Stunting khususnya di Kab. Pacitan secara menyeluruh.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Letkol Inf.Roliyanto S.I.P.,M.I.P (Dandim 0801/Pacitan), PA Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0801/Pacitan, Perwakilan Babinsa, dr.Khairunisa Spa.M.Biomed (Ketua Persit KCK Cab. XV Kodim 0801/Pacitan), dr.Ratna Susi Rahayu S.Sos.Msi (Kabid Kesmas Dinkes Pacitan), Bpk. Khusaini Amg (Dinkes Kab.Pacitan), serta Perwakilan Persit KCK Cab. XV Kodim 0801/Pacitan.