SMA Muhi Salurkan 41 Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Yogyakarta, Nusantarapos – Semangat berbagi selalu ditunjukkan Persyarikatan Muhammadiyah, salah satunya adalah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta atau dikenal juga dengan sebutan SMA Muhi. Dalam rangka ‘Idul Adha 1444 ini mereka menyerahkan 41 kambing kepada SD, SMP, panti asuhan Muhammadiyah, instansi mitra sekolah di DIY. 41 kambing ini adalah hasil iuran wajib dan sumbangan dari peserta didik SMA Muhi sebagai bagian dari pendidikan karakter dan pembiasaan ibadah.

Penyerahan dilakukan di halaman SMA Muhi, Senin (26/6), yang dihadiri 41 perwakilan instansi penerima. Sedangkan Sabtu (1/7) nanti akan dilakukan penyembelihan 3 (tiga) lembu di lingkungan sekolah untuk dibagikan ke warga sekolah dan masyarakat sekitar. Dalam acara penyerahan kambing, Kepala Sekolah Drs. H. Herynugroho, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kedatangan perwakilan dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan beberapa instansi mitra untuk menerima pentasyarufan hewan qurban.

Sekolah juga menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa memenuhi semua proposal permintaan yang masuk. “Ibadah qurban mengandung 2 dimensi ibadah yaitu hablumminallah dan hablumminannas. Melalui ibadah qurban diharapkan melatih siswa memiliki kecerdasan spritual dan kecerdasan sosial secara seimbang. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya merekatkan persaudaraan dan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat di sekitar sekolah,” katanya.

Menurut Abdul Qodir, S.Th.I, MSI., Wakil Kepala Urusan Ismuba, membantu sesama dalam hal kebaikan akan memberikan dampak positif bagi semua. Salah satu caranya adalah dengan berbagi hewan qurban saat Hari Raya ‘Idul Adha. Melalui kegiatan pembagian hewan qurban juga dapat menjadi salah satu sarana syiar Islam bagi SMA Muhi dan mengajarkan kepada peserta didik untuk berbagi.

Fauzi, M.Pd selaku Ketua Panitia, menyatakan bahwa penyaluran hewan qurban ini dipastikan tepat sasaran dengan memprioritaskan AUM yang masih membutuhkan di DIY. Harapannya, hewan qurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu, hewan qurban juga disumbangkan ke masjid terdekat dari rumah para guru dan tenaga kependidikan yang akan segera memasuki masa pensiun dengan masa kerja diatas 20 tahun.

“Pendistribusian hewan kurban ini diprioritaskan kepada warga Muhammadiyah di daerah yang kurang mampu supaya mereka juga merasakan kebahagiaan ‘Idul Adha,” Fauzi, M.Pd. Parmiyati dari SD Muhammadiyah Bedoyo, Galur, Kulon Progo, sebagai salah satu penerima hewan qurban, sangat bersyukur sekolahnya mendapatkan seekor kambing. Hewan qurban ini akan disembelih untuk dibagikan ke siswa dan warga sekitar. Semoga ibadah ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan menjadikan orang yang berkurban sebagai kekasih Allah SWT.

Penanggung jawab berita : Yusron Ardi Darmawan, M.Pd