HUKUM  

Jika Bisa Buktikan Tidak Korupsi, PSI Siap Dukung Hengky Kurniawan Jadi Bupati Kembali

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan bersama istri.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Kelompok yang mengatasnamakan Aktivis Pemuda Bandung Barat, melaporkan Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka menduga Hengky menyalahgunakan jabatannya sebagai bupati, dalam rotasi mutasi jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat dengan dugaan melakukan pungutan terkait rotasi mutasi jabatan tersebut.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur menyatakan bahwa laporan masih ada dalam proses telaah.

“Kami memang monitor ada laporannya tapi sedang ditelaah,” ungkap Asep Guntur, seperti dikutip dari suara.com, Sabtu (1/7/2023).

Pernyataan Hengky Kurniawan beberapa waktu lalu adalah menyatakan siap dipanggil KPK, dan mendapatkan apresiasi Asep Guntur.

“Alhamdulillah kalau gitu,” ucapnya.

Dihubungi secara terpisah, ketua Dewan Pertimbangan Nasional Partai Solidaritas Indonesia (DPN PSI) Badaruddin Andi Picunang mendukung KPK untuk mengusut secara tuntas dugaan korupsi terhadap Bupati Bandung Barat tersebut.

Badar sapaan akrabnya yang dulu pernah menjadi Sekjen Partai Berkarya mengatakan Hengky Kurniawan pernah menjadi Ketua Umum Angkatan Muda Partai Berkarya pada tahun 2018.

“Setahu saya anaknya bersih dan tidak neko-neko. Tak tahulah sekarang ya karena sudah jadi Bupati tinggi godaannya,” ungkap Badar melalui keterangan WhatsApp yang diterima di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Badar juga mengungkapkan, provinsi Jawa Barat (Jabar) saat ini diduga memang banyak terjadi kasus korupsi. Dengan kejadian yang dialami oleh Hengky Kurniawan dia mengingatkan harusnya menjadi pembelajaran bagi pemimpin yang sedang menjabat dan calon pemimpin yang akan menjabat.

“Sangat disayangkan bila Hengky terbukti terlibat kasus korupsi seperti yang dituduhkan,” tegasnya.

Pria yang akan bertarung menjadi anggota DPR RI dari PSI di Dapil II Jabar tersebut mendukung KPK dan rakyat Jabar untuk menghapus korupsi di tanah Pasundan.

“Jelas PSI mendukung KPK dan rakyat Jabar menghapus korupsi dari tanah Pasundan (Jawa Barat),” terangnya.

Badar menambahkan, dirinya sempat mendengar informasi bahwa Hengky Kurniawan terlibat korupsi dan sudah menjadi target. Namun, dia juga berharap dugaan korupsi yang dituduhkan ke Hengky Kurniawan tidak terbukti, dan PSI siap mendukungnya untuk periode selanjutnya.

“Memang saya dengar info dia terlibat dan menjadi target KPK. Semoga dia tidak terbukti korupsi dan bisa lanjut lagi jadi Bupati periode berikutnya, PSI siap mendukung dan mengusungnya bila tidak korupsi,” pungkasnya.