GIIAS 2023 Akan Digelar Mulai 10 – 20 Agustus di ICE BSD

Jakarta, Nusantarapos – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan kembali memamerkan teknologi dan produk terbaru dari industri otomotif, pada 10-20 Agustus 2023 di ICE – BSD City, Tangerang Selatan.

“Di tahun ini GAIKINDO hadir sebagai pameran yang ke-30, dan pameran yang menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu 8 tahun ke belakang, hal yang sangat membanggakan bagi GAIKINDO. Keberhasilan GAIKINDO yang selama ini telah menampilkan berbagai motif industri otomotif, dan “Dengan semakin banyaknya peserta yang hadir pada GIIAS 2023 artinya semakin banyak variasi dan teknologi industri otomotif yang akan disajikan kepada masyarakat Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Tahun ini GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yakni: Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz , MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. 5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua: Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, ton Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Nangoi juga menjelaskan bahwa masuknya merek-merek kendaraan baru ke tanah air membuktikan potensi besar pasar otomotif Indonesia. “Tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11, sementara untuk pasar domestik Indonesia berada diposisi ke-14 di dunia. Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki potensi pasar terbesar di Asia Tenggara. Indonesia juga memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor, dengan memanfaatkan letak geografi indonesia untuk memperluas negara tujuan ekspor, terutama ke negara ASEAN serta Australia, dan dengan memanfaatkan penyelenggaraan GIIAS untuk menunjukkan inovasi produk kendaraan dan produksi komponen dalam negeri kepada dunia internasional,” jelasnya.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir di GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari pendukung industri juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023, GIIAS 2023 adalah ajang yang tidak boleh dilewatkan para pecinta otomotif Indonesia.

“GIIAS kali ini adalah penyelenggaraan yang istimewa, dengan jumlah peserta kendaraan paling tinggi, terlengkap, dilengkapi dengan berbagai peluncuran, model baru, teknologi baru, yang akan menjadi acuan masa depan industri otomotif Indonesia, oleh karena itu kami mengundang seluruh pecinta otomotif untuk hadir di GIIAS 2023,” tutur Rizwan.