SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Adakan Pembekalan ISMUBA bagi Kelas X

Yogyakarta, Nusantarapos – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan pembekalan ISMUBA bagi kelas X. Pembekalan ISMUBA adalah agenda rutin tahunan bagi peserta didik baru kelas X yang bertujuan mengenal kehidupan Islami sesuai manhaj Muhammadiyah di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari yaitu pada Kamis-Jumat, 13-14 Juli 2023 bertempat di Grha As – Sakinah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Acara yang diikuti oleh 413 peserta didik baru tersebut mengambil tema ‘Bersama Membangun Kesuksesan yang Holistik dan Integratif’. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB dan diawali kegiatan sholat dhuha dan tadarus menyongsong sholat Dzuhur dipimpin oleh Fauzi, SS, M.Pd. Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Drs. H. Herynugroho, M.Pd., dalam sambutannya menekankan peserta didik harus kuat pondasi dalam keislaman dan kemuhammadiyahan. Peserta didik harus memiliki ilmu agama yang luas dan moderat. Cara pandang dalam beragama secara moderat yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan (pemahaman agama yang kaku) maupun ekstrem kiri (pemahaman agama yang liberal).

“Kalian harus menjadi kader Islam dan kader Muhammadiyah yang berkemajuan. Islam yang berkemajuan cirinya selalu menyemaikan benih-benih kebenaran, kebaikan dan kedamaian, keadilan, kemaslahatan, kemakmuran, dan keutamaan hidup secara dinamis bagi seluruh ummat manusia” pungkas beliau.

Setelah sholat Dzuhur, kegiatan dilanjutkan dengan stadium general dengan tema “Kejarlah Kesuksesan Duniamu untuk Mendapatkan Kesuksesan Akhiratmu” Pemateri pada sesi ini disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UGM Drh. Agung Budiyanto, Ph.D. Pada kesematan ini drh. Agung membahas tentang proses terciptanya manusia yang di dalamnya terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah SWT.

“Semakin dalam kita mempelajari isi dari kandungan Alquran, maka akan semakin jelas pertemuannya dengan ilmu pengetahuan atau sains. Banyak penemuan-penemuan ilmiah pada abad-abad terakhir ini yang justru telah disebutkan dalam Alquran” papar beliau. Menurutnya, Tidak ada keberhasilan sejati yang diraih oleh seorang manusia tanpa doa dan ikhtiar. Menurutnya, ada 6 cara untuk meraih keberhasilan yaitu mempunyai mimpi, mempunyai motivasi, mempunyai optimisme, memiliki daya juang/ketangguhan, berprasangka yang baik, dan doa restu dari orang tua.

Ia juga mengajak para siswa untuk banyak bersedekah terutama kepada anak yatim dan orang miskin karena Allah SWT sangat dekat kepada mereka. “Jangan berhenti berharap, karena Allah SWT tau saat yang tepat untuk mengabulkan permintaanmu. Lakukan bagianmu semampu yang kamu bisa, selanjutnya biar Allah SWT yang mengerjakan sisanya,” jelasnya.

Pada hari kedua yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB diadakan stadium general kedua. Adapun pematerinya adalah ketua PWM DIY Dr. Ikhwan Ahada, M.Ag dengan tema “Thoharoh, Sholat, dan Adab dalam Masjid. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan keutamaan sholat dalam islam. Ada 9 keutamaan bagi seorang muslim yang selalu mengerjakan sholat lima waktu tepat pada waktu utamanya yaitu yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan Allah SWT, dipermudah saat akan menyeberang Shirath, dijauhkan dari api neraka, dan dimasukkan ke surga. “Untuk mencapai sholat yang berkualitas salah satu kuncinya adalah Thaharah kita harus benar dan sempurna. Sebagai kader Muhammadiyah kita harus beribadah sesuai dengan ketentuan dari tarjih Muhammadiyah,” ujarnya.

Setelah peserta didik selesai mendapatkan materi dari para pembicara, kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi di kelas masing – masing. Kegiatan di kelas didampingi oleh guru ISMUBA dan peserta didik melaksanakan praktik wudhu, membaca Al-Qur’an, dan sholat sesuai tuntunan Muhammadiyah.