banner 970x250
HUKUM  

Sutan Siagian Dukung Program Ketua DPC AAI Jakbar Susy Tan

Sutan Siagian (kedua dari kanan) saat memimpin Muscab DPC AAI Jakarta Barat.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Pelaksanaan Muscab DPC AAI Jakarta Barat, yang diselenggarakan Jumat 14 Juli 2023, di Hotel Grand Tjokro, Grogol Petamburan, Jakarta Barat sukses terlaksana dengan baik dengan Susy Tan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua AAI DPC Jakbar untuk lima tahun kedepan.

Ketua Dewan Penasihat DPC AAI Jakbar, Sutan Siagian mengatakan kepengurusan sejak berdirinya DPC AAI Jakbar setiap periodenya dilaksanakan Muscab. Namun, katanya setiap periode itu yang terpilih sebagai ketua selalu rekan Advokat Alm. Paul Sukran.

“Jadi kepengurusan itu dibentuk strukturnya berganti-ganti walaupun pak Paul Sukran terpilih sampai 4 periode, namun kepengurusan struktur itu berganti-ganti,” ujar Sutan Siagian, saat ditemui awak media, Jumat (14/7/2023).

Mantan Sekretaris DPC AAI Jakbar itu melanjutkan, setelah Paul Sukran meninggal dunia pada tahun 2022 lalu, maka sejak tahun 2023 ditunjuklah Susy Tan sebagai Plt oleh DPP AAI untuk melaksanakan Muscab.

“Jadi kalau dibilang vakum sebetulnya tidak ada vakumnya, artinya berjalan terus karena Munas AAI terakhir di Bandung kita masih ikut sebagai pengurus dan pak Paul masih hadir walaupun beliau hadir di Jakarta. Karena, pemilihan Muscab dalam kondisi Covid-19 ada beberapa tempat pemilihan Munas jadi ada di Jakarta, Bandung, Palembang, Makassar dan Bali,” papar Sutan.

“Jadi tidak benar kalau kami vakum, buktinya hari ini kita masih hadir disini. Saya sebagai mantan Sekretaris ya kita hantarkan Muscab ini sampai akhir kepengurusan kita, walaupun almarhum pak Paul Sukran sudah tidak ada,” imbuhnya.

Jadi, kata dia inilah wujud tanggung jawab sebagai pengurus, dan menyerahkan kepengurusan DPC AAI Jakbar selanjutnya kepada ketua DPC AAI terpilih hingga tuntas.

Sutan juga melihat antusiasme anggota baru yang mau pindah ke Jakarta Barat. Dia sendiri mengatakan baru pertama kali melihat Muscab dengan pengukuhan anggota baru.

“Karena ada anggota yang belum terdaftar di keanggotaan selama ini, tapi ada juga sebagian dari anggota DPC seperti dari Jakarta Pusat, Selatan dan Utara mereka berpindah domisili ke Jakarta Barat. Saya melihat di AAI Jakarta Barat ini pertanda baik bukan buruk. Artinya mereka memilih kesini, hanya merekalah yang tahu alasannya. Karena, bukan kita memaksa mereka untuk berpindah domisili tapi dengan keikhlasan mereka,” ujarnya.

Sebagai mantan pengurus DPC AAI Jakbar, Sutan mendukung program yang akan dilakukan oleh Ketua terpilih. Dan, katanya program-program yang dipaparkan Susy Tan sangat baik, karena program tersebut untuk kepentingan anggota.

“Karena banyak anggota dari organisasi advokat kurang memperhatikan anggotanya. Kelebihan dari AAI itu selalu mengedepankan kebersamaan dan apabila ada anggota mengahadapi masalah hukum, ya AAI itu paling solid untuk memperjuangkan, mendampingi ataupun memperhatikan mereka,” tegasnya.