DAERAH  

Pelayanan Khusus Pelajar, Dukcapil Kota Depok Turun ke Sekolah Lakukan Perekaman e-KTP

DEPOK, NUSANTARAPOS -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, turun ke sekolah melakukan perekaman KTP El untuk siswa/siswi SMA/K Negeri se Kota Depok sekaligus memberikan KTP nya apabila siswa/i sudah berusia 17 tahun.

Pelayanan jemput bola tersebut dilakukan untuk memudahkan perekaman KTP-el bagi masyarakat khususnya para pelajar di Kota Depok.

“Dimulai tanggal 8 Juli s/d 3 Agustus 2023 ini, kami telah melakukan perekaman di 4 sekolah yaitu SMAN 8, 13, 14 dan 9 Depok. Total yang sudah kami lakukan perekaman sebanyak 661 siswa, dan beberapa te;ah diberikan KTP el nya di sekolah yaitu bagi siswa dan siswi yang sudah genap usia 17 tahun,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Nuraeni Widayatti kepada Nusantara Pos melalui pesan WhatsApp, Jum’at (04/08/23).

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan menindaklanjuti edaran dari Ditjen Dukcapil pusat untuk melakukan perekaman di sekolah-sekolah, untuk percepatan perekaman pemula sehingga memenuhi hak sipil nya memiliki identitas penduduk.

“Kami pun menargetkan pada tahun 2023 ini semua siswa yang berumur 17 tahun sudah melakukan perekaman KTP elektronik, dan kami lakukan perekaman jemput bola ke 19 sekolah SMA/K negeri sampai dengan awal Oktober tahun ini, road show keliling ke sekolah,” Ujarnya.

Tak hanya itu dari samping itu, proses perekaman dan pembuatan e-KTP juga lebih cepat dan tidak mengeluarkan biaya administrasi atau biaya lain GRATIS, karena petugas Dukcapil langsung yang datang ke sekolah.

Lanjut ia, perekaman e-KTP langsung mendatangi sekolah ini inisiatif
pihaknya, karena kalau siswa datang langsung tidak sempat, lantaran pulang sekolah sudah sore dan Sabtu kantor tidak buka.

“Makanya kita jemput bola, turun langsung ke sekolah-sekolah,” terangnya.

Pihaknya juga sebelumnya telah berkoordinasi dengan sekolah, menginformasikan akan melakukan perekaman bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun ke atas, namun belum memiliki KTP dan pihak sekolah sangat antusias dengan program ini. Alhamdulillah sehingga pelaksanaan nya dapat optimal, karena pihak sekolah mendukung.(Rizky)