WISATA  

Museum SBY-ANI Dibuka 17 agustus 2023 Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Acara Rencana Pembukaan Museum SBY-Ani di Pendopo Kab. Pacitan (Mujahid)

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Jelang dibukanya Museum SBY-Ani pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti, Bupati Pacitan mengadakan “Press Release” di Pendopo Pemkab Pacitan, Sabtu 12 Agustus 2023.

Acara tersebut dihadiri Ossy Darmawan selaku Direktur Eksekutif Museum dan Galeri SBY – ANI,  Renanda Bachtar-Ketua Panitia Peresmian Museum & Galeri SBY-ANI, Indyata Nur Bayuaji Bupati Pacitan, Heru Wiwoho Sekda Pacitan, Asisten III, Eno Kadis Kominfo, dan 41 Pewarta dari media kerjasama Pemkab dan 10 Influencer media sosial.

Rencana pembukaan Museum sebelumnya SBY akan hadir di pendopo untuk mengikuti jalanya detik- detik Proklamasi yang selanjutnya pada malam harinya diadakan pembukaan Museum.

Menurut penjelasan Direktur Museum, Ossy dalam acara Press Release di Pendopo menyebutkan, “Bapak SBY menyampaikan, sebenarnya yang kita inginkan adalah bukan acara seremonial pembukaanya, bukan acara peresmianya, namun ini lebih sebagai ungkapan rasa bersyukur kami, rasa syukur Bapak SBY. ” . “

“Acara pembukaan akan di hadiri sekitar 800 – 1000 undangan yang mayoritas dari Pacitan. Tentunya Bapak SBY akan mengundang sahabat sahabat beliau, mantan menteri beliau di jajaran kabinet dan keluarga besar beliau,  keluarga besar Bapak Sarwo Edy Wibowo dan Alumni Akabri 1973 juga akan hadir serta para sahabat yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” lanjut Ossy.

Dalam perjalanannya nanti, Museum ini  tentu akan bermanfaat bagi masyarakat Pacitan baik dari segi ekonomi, sosial karena akan banyak  digunakan acara –  acara Internasional, konferensi bertaraf internasional.

Selain Museum Kepresidenan  juga sebagai Galeri kesenian yang di dalam Museum diisi Etalase jejak SBY selama dari Pacitan hingga jadi Presiden selama 10 tahun.

Museum yang dikelola oleh Yayasan Yudoyono, nanti akan dilakukan jam operasional mulai dari pagi pukul 09.00 sampai pukul 17.00 sore dan setiap hari kecuali pada hari selasa tutup karena untuk Maintenance (perawatan). Sedangkan untuk harga tiket masyarakat Internasional Rp. 100.000, untuk Indonesia Rp. 50.000 dan masyarakat lokal  Rp. 25.000 per orang.

Mendengar apa yang sudah dijelaskan panjang lebar oleh Ossy , Bupati berujar dihadapan wartawan ” Saya jamin,  siapa yang berkunjung ke Museum melihat –  lihat sampai selesai waktumya tidak cukup dalam satu jam. Selanjutmya panjenengan  pasti akan mengetahui bagaimana Bapak SBY, Pak SBY itu seperti apa akan selesai setelah berkunjung di Museum.”

Selain itu, Bupati menyampaikan untuk tiket masuk Museum dengan milai Rp. 25.000 selisihnya tidak banyak dibandingkan dengan Goa Gong dengan tiket masuk Rp. 20.000.

Wartawan : Mujahid
Publisher: Joko