DAERAH  

Warga Rawajati Barat Pertanyakan Bantuan Beras Bansos yang Belum Disalurkan Sejak 2 Bulan

JAKARTA, NUSANTARAPOS,-Sudah hampir dua bulan lebih, warga di Kelurahan Rawajati belum juga mendapatkan bantuan beras bantuan sosial (Bansos ) dari pemerintah yang di distribusikan melalui Kantor Pos.

Hal tersebut membuat sejumlah warga dari kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran mempertanyakan bantuan sosial berupa beras periode Juli-Agustus 2023 yang belum disalurkan. “Kapan dibagikan beras Bansos, sudah hampir 2 bulan?” tanya Sofy warga Rawajati kepada wartawan, Minggu (13/08/23).

Disebutkan, sebagian besar warga yang mempertanyakan hal itu, didasarkan pada kebutuhan mereka memiliki beras. “Beberapa warga sangat mengharapkan beras tersebut segera dibagikan,” sambung warga lainnya.

Padahal, beras Bansos tersebut sudah dibagikan sejak Januari 2023 dan kabar terbaru Pemerintah akan melanjutkan program bantuan sosial (Bansos) beras yang akan disalurkan kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Tertuang surat nomor 171/TS.03.03/K/7/2023 tanggal 21 Juli 2023 tentang Penugasan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dalam rangka Bantuan Pangan Beras.

Kami telah menugaskan Perum Bulog untuk mempersiapkan penyaluran bantuan pangan beras bulan Oktober, November, dan Desember 2023 mendatang sehingga nantinya bantuan ini dapat menjadi bantalan sosial bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjaga daya beli dan upaya pengendalian inflasi pangan, dimana kita akan menghadapi momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ujarnya Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam siaran resminya, Selasa (25/07/2023).

Arief menjelaskan penyaluran bantuan beras tersebut merupakan keberlanjutan dari program penyaluran bantuan pangan kepada 21.353 juta KPM, dengan total bantuan beras mencapai 640.000 ton yang telah rampung dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pada bulan Maret, April, dan Juni 2023.

Adapun besaran bantuan pangan beras yang akan diberikan sama dengan bantuan sebelumnya sebesar 10 kilogram per penerima yang akan digelontorkan dalam tiga tahap, sehingga setiap KPM akan menerima 30 kilogram beras.(Rizky)