Danramil 0801/06 Bandar Mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pagi ini, Danramil 0801/06 Bandar Kodim 0801/Pacitan Kapten Arm Abdul Radjak menghadiri rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama Kemendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A,.Ph.D melalui zoom meeting, Bertempat di ruang rapat Tumenggung Marto Hadiwinoto Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 08 Pacitan, Senin (14/08/2023). 

Dalam pengarahannya Kemendagri menyampaikan, bahwa untuk mengantisipasi laju inflasi pada tahun 2023, perlu adanya pengawasan dari berbagai pihak, terutama pada harga sembako yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Sehingga, patut untuk diwaspadai dampak pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu, banyak negara yang terdampak inflasi termasuk di Indonesia, kaitan dengan harga barang dan jasa hingga saat ini. 

Dirinya juga menyebutkan untuk saat ini, laju inflasi relatif terkendali, namun demikian, Kemendagri meminta agar ada percepatan pertumbuhan ekonomi, diharapkan terus memantau harga-harga bahan pokok di pasaran.

“Turunnya inflasi saat ini merupakan upaya kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan keberhasilan ini diharapkan memacu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat”, kata Kemendagri secara virtual. 

Sementara itu, Brigjen Brigjen TNI dr. Eko Nursanto Sesuai amanat UU RI no.34 Tahun 2004 khususnya dalam melaksanakan tugas OMSP, TNI tidak hanya menjadi kekuatan pertahanan semata, namun juga melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah di daerah dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian Nasional.

Perkiraan terjadinya resesi Global ekonomi dunia di tahun 2023 berdampak pada peradaban kehidupan manusia termasuk kondisi perekonomian masyarakat di Indonesia, sehingga mengakibatkan menurunnya berbagai aktivitas perekonomian sehingga dapat menyebabkan inflasi di beberapa daerah di Indonesia. 

Untuk itu, berdasarkan hal tersebut TNI berkomitmen melakukan kerjasama dengan pemerintah serta instansi terkait guna berupaya menekan terjadinya inflasi dalam rangka mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

“Kami dari pihak TNI berpedoman pada tim pengendali inflasi Nasional dan memerintahkan seluruh satuan jajaran untuk berkoordinasi kepada Pemerintah Daerah serta mengaktifkan tim pengendali inflasi di wilayah masing masing”, ungkapnya.