DPRD Trenggalek Gelar Paripurna Penyampaian RAPBD Perubahan 2023

Situasi saat Wakil Bupati menyampaikan nota RAPBD perubahan 2023

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Penjelasan raperda tentang perubahan APBD Kabupaten Trenggalek tahun anggaran 2023.

Disampaikan bahwa estimasi pendapatan daerah Rp 2 triliun 34 miliar. Dengan prioritas pergeseran, penambahan dan pengelolaan silpa. Penyampaian nota keuangan RAPBD Perubahan tersebut dilakukan di ruang rapat paripurna DPRD, Jum’at (18/8/2023).

Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam saat di konfirmasi awak media menargetkan, raperda tentang P-APBD 2023 akan selesai pada awal September 2023.

Target itu berdasarkan pertimbangan dari upaya mengantisipasi gangguan fungsi kedewanan saat menjelang pemilu serentak pada 2024.

“Kita ketahui, ini adalah tahun politik. Ke depan, tentunya ada kesibukan mengikuti proses pemilu, maka kita rancang sedemikian rupa lebih awal, sehingga fungsi-fungsi kedewanan tidak terbengkalai,” ungkap Samsul.

Samsul melanjutkan, pembahasan P-APBD 2023 sudah mendapatkan titik temu antara legislatif dan eksekutif, sesuai hasil dari Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) P-APBD 2033.

Namun yang jelas, PAPBD 2023 berdasar dari tiga komponen, yakni adanya pergeseran program kegiatan, tidak terlampauinya target kegiatan, serta pembelanjaan sisa anggaran dari tahun lalu.

“Sehingga pada RAPBD perubahan 2023, tentunya akan kita cermati kembali,” ujarnya.

Dari tiga komponen itu, Samsul menilai, penyelenggara pemerintah (fungsi legislatif dan eksekutif, Red) sudah menyepakati untuk menangani isu-isu kemiskinan.

Isu itu berkaitan langsung dari arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa angka kemiskinan ekstrem Indonesia pada 2024 adalah nol.

Pada pokoknya, pada isu2 kemiskinan di Trenggalek harus segera dituntaskan. Program pak Jokowi, kemiskinan ekstrem 2024 hari segera selesai..

“Selanjutnya, rapat paripurna P-APBD 2023 akan disambung pada Senin (21/8) dengan agenda penyampaian pandangan umum (PU) dari fraksi-fraksi,” pungkasnya. (ADV)