BISNIS  

Melejitkan Omset UMKM Melalui Program BDS 2023

Surabaya, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Karangpilang bekerja sama dengan KPP Pratama Surabaya Mulyorejo menggelar bazar UMKM program Business Development Service (BDS) di halaman Kantor KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Senin (04/09/2023).

Bazar ini digelar selama dua hari yakni pada 4-5 September 2023, sebagai ajang memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa meningkatkan penjualan dan sarana promosi produk yang diproduksi oleh UMKM di 9 kecamatan di kota Surabaya.

Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Bapak Eko Radnadi Susetio menyampaikan, bazar ini menggandeng pelaku UMKM binaan 9 kecamatan di Surabaya di wilayah kerja KPP Pratama Surabaya Karangpilang dan KPP Pratama Surabaya Mulyorejo. Selain itu,dalam rangkaian acara BDS 2023 ini juga diselenggarakan talkshow selama 2 hari dengan tema bahasan mengenai ekspor-impor UMKM, penggunaan layanan food delivery service serta memanfaatkan kanal e-commerce bagi UMKM.

Opening ceremony bazar UMKM BDS 2023 ini langsung dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I, Bapak Sigit Danang Joyo. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Sehingga perlu bagi DJP untuk turut serta dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM.

Selain itu, kegiatan BDS 2023 juga bekerja sama dengan instansi lain seperti Ditjen Bea dan Cukai yang diwakili KPPBC Tanjung Perak dengan membuka booth konsultasi untuk ekspor-impor UMKM, Dispendukcapil Kota Surabaya untuk validasi KTP Digital dan juga Bank Mandiri serta Grab Food Indonesia yang menyediakan on boarding program bagi UMKM yang akan mendaftarkan diri menjadi mitra Grab Food Indonesia.

Kegiatan ini begitu meriah dan membawa manfaat bagi banyak UMKM. Salah satunya Bu Mira, menceritakan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat dengan adanya ilmu tentang e-commerce yang didapatkan melalui talkshow BDS 2023. Selain itu, kegiatan ini dapat mendorong UMKM berkembang dengan disediakan booth untuk belajar banyak hal seperti ekspor impor, kemudian bisa mendaftarkan langsung menjadi mitra Grab Food dan sebagainya. Harapannya kedepan semakin banyak kegiatan sejenis agar dapat membantu UMKM terus berkembang.

Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Bapak Eko Radnadi Susetio melanjutkan, dalam jangka panjang KPP Pratama Surabaya Karangpilang berkomitmen akan membantu mengembangkan bisnis UMKM, dengan rutin melaksanakan program BDS dengan tema dan ilmu baru yang dibutuhkan oleh UMKM. Sehingga diharapkan akan terdapat peningkatan omset secara agregat, peningkatan skill marketing dan branding, sehingga UMKM di wilayah KPP Pratama Surabaya Karangpilang dapat terus berkembang dan bertumbuh bersama. (Afi)