DAERAH  

Pacitan Perlu Sinergitas dalam Pembangunan yang Berkelanjutan

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Menilik wilayah Kabupaten Pacitan yang saat ini sedang galak-galaknya membangun di segala bidang, tentu dibutuhkan sinergitas antara pemerintah, pemuda, ormas dan masyarakat agar dalam perencanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Pemerintah sendiri menyadari bahwa pembangunan Pacitan yang akan dilaksanakan secara beekelanjutan ini tidak lepas dari  kinerja yang baik.

Seperti yang dilaksanakan diskusi publik dengan tema “Prospektif Pembangunan Pacitan yang Berkelanjutan” ini, Rony Wahyono sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pacitan berpandangan bahwa dengan ekonomi yang baik di suatu wilayah akan memperkuat kemajuan Pacitan terutama dalam menjaga pertanian dan juga pariwisata.

“Kalau kita dapat menggerakkan potensi dalam hal pertanian maka kita akan kuat,” kata Rony, Senin (4/9/23).

Sementara itu, Nursuhud  mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai bahwa konsep pembanguna berkelanjutan banyak diembel embeli sehingga terkesan dipaksakan.

“Sebenarnya prospektif dalam pembangunan secara umum merupakan rol model variabel yang prespektif yang ada keterlibatan dengan konsultan yang dipksakan,” kata Nursuhud.

Lebih lanjut ia menjelaskan  bahwa pembangunan di Indonesia kuasa negara kalah cepat yang didahului oleh prakarsa-prakarsa yang pemerintah sendiri masih banyak kedodoran sehingga perlu diselesaikandengan sinergi antara inisiatif rakyat dan negara.”

Nursuhud bahkan akan menguji ketinggalan pemerintah dengan data-data yang ada dimana salah satu daerah yang masih perawan adalah Pacitan yang artinya jika berani dengan konsep baru karena tingkat jebakannya tidak sama dengan daerah lain.

“Kalau pembangunan ini hanya dipartisipasi oleh kuasa pemerintah saja perkembangannya tentu tidak akan maksimal,” terangnya.

Untuk langkah bagaimana menyongsong sumber mineral yang sangat penting Nursuhud menilai perlu adanya perdes-perdes, perda-perda seperti pertambangan dan pariwisata.

Sedangkan Dodik, Margono farm Pacitan  menilai ada beberapa yang oerlu dikenal lebih jauh mengenai Pacitan sendiri karena Pacitan perlu dibangkitkan dalam segi SDM yang memang hari ini menirutnya di Kabupaten Pacitan sangat minim dibanding dengan Sumber daya alamnya. (Joko)