Program TNI Manunggal Air, Kodim 0801/Pacitan Selesaikan Pengeboran Sumur

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Kesulitan warga masyarakat Dusun Nongko, Desa Sukodono, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, dalam memenuhi kebutuhan air bersih sebentar lagi akan segera teratasi.

Setelah melalui kerja keras selama ini, akhirnya pengeboran sumur yang direalisasikan Kodim 0801/Pacitan dalam program TNI Manunggal Air dapat memenuhi hasil yang maksimal sesuai target yang diharapkan. 

Meski sempat mengalami sedikit kendala dalam pengeboran, akan tetapi dapat diselesaikan dengan baik. Dengan kedalaman sekitar 60 meter sumur bor, akan mampu menghasilkan sumber air bersih yang dapat mencukupi kebutuhan warga setempat. 

Menurut keterangan Danramil 0801/11 Donorojo Lettu Caj Sutardi, bahwa pengeboran sumur dengan kedalaman 60 meter di anggap selesai dan sudah menemukan titik sumber mata air. Jika ditambah lagi dikhawatirkan sumber air akan hilang karena akan menembus rongga bawah tanah. 

“Untuk sementara waktu pengerjaan dihentikan, sambil menunggu datangnya pipa Cassing dan Mesin Sible dari Madiun. Dimungkinkan pemasangan baru bisa dilaksanakan besuk pagi”, katanya saat meninjau di lokasi, Senin (11/09/2023) 

Ia juga menambahkan, dengan keberadaan sumur bor ini, diharapkan akan mengatasi kesulitan masyarakat selama ini dalam mengakses air bersih, terlebih saat musim kemarau. 

“Syukur alkhamdulillah pengerjaan pengeboran berjalan lancar hingga selesai, dan air sudah bisa disedot selama 2 jam tanpa henti. Mudah-mudahan ini nantinya bisa bermanfaat bagi kepentingan umum warga, serta dapat dipergunakan dalam jangka waktu panjang”, ungkapnya. 

Pembuatan sumur bor ini merupakan hasil bantuan dari Dinas PUPR Jatim, yang dihibahkan kepada Kodam V/Brw, kemudian direalisasikan oleh Kodim 0801/Pacitan sebagai upaya membantu masyarakat di wilayah rawan terjadi kekeringan.