Anggaran Pendidikan 2024 Naik Menjadi Rp660,8 Triliun: Fokus pada Peningkatan Pendidikan Dasar

NUSANTARAPOS || JAKARTA – Pemerintah telah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp660,8 triliun dari pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2024. Angka ini menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan alokasi anggaran pendidikan tahun 2023 yang mencapai Rp612,2 triliun.

Presiden menjelaskan bahwa anggaran pendidikan tahun ini akan difokuskan pada pendidikan dasar. Alokasi anggaran pendidikan tersebut merupakan 20 persen dari total APBN, yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi, dilansir dari Antaranews.com Rabu (16/8/2023).

Rincian alokasi anggaran pendidikan mencakup belanja pemerintah pusat sebesar Rp237,3 triliun, transfer ke daerah sebesar Rp346,6 triliun, dan pembiayaan investasi sebesar Rp77,0 triliun. Peningkatan alokasi ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk memajukan sektor pendidikan, khususnya pada tingkat dasar, sebagai bagian dari upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.