Pertemuan Senior Official Meeting (SOM) SEAOF di Bali, Indonesia, Mendorong Kerja Sama Ombudsman di Asia Tenggara

NUSANTARAPOS || BALI – Pada Jumat, 11 Agustus 2023, Anggota Ombudsman RI, Johanes Widijantoro, bersama dengan Kepala Keasistenan Utama Pengaduan Masyarakat Ombudsman RI, Patnuaji A. Indrarto, dan Plt Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Organisasi Ombudsman RI, Gunawan Siallagan, menggelar konferensi pers di kawasan Kuta, Badung, Bali. Mereka menyampaikan keterangan terkait hasil dari Senior Official Meeting (SOM) South East Asian Ombudsman Forum (SEAOF).

Pertemuan ini melibatkan delegasi dari Ombudsman Indonesia, Thailand, dan Filipina. Dalam pertemuan tersebut, dibahas sejumlah topik penting, termasuk pengembangan kapasitas dan jaringan kerja sama antara lembaga Ombudsman di kawasan Asia Tenggara. Ini merupakan langkah persiapan penting menjelang SEAOF Meeting 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada bulan November mendatang, dilansir dari Antaranews.com Sabtu (12/8/2023).

SEAOF memiliki peran penting dalam memfasilitasi kerja sama dan pertukaran pengalaman antara lembaga Ombudsman di Asia Tenggara. Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat dari berbagai negara dalam upaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan memberikan perlindungan terhadap hak-hak masyarakat. (*)