Kementerian PANRB Menyiapkan 16.000 ASN untuk Ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

NUSANTARAPOS || JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan rencananya untuk menyiapkan sebanyak 16.000 aparatur sipil negara (ASN) yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat administrasi dan birokrasi di IKN.

Sebelumnya, Kementerian PANRB telah menetapkan jumlah formasi aparatur sipil negara (ASN) sebanyak 572.496 untuk tahun 2023. Dari jumlah tersebut, 78.862 ASN akan ditempatkan pada 72 instansi pemerintah pusat. Rinciannya, terdapat 28.903 formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 49.959 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengalokasikan jumlah ASN ini dalam rangka memperkuat penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di IKN, dilansir dari Antaranews.com Selasa (8/8/2023).

Keputusan ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam membangun IKN sebagai pusat administrasi yang efisien dan efektif. Langkah ini diharapkan akan berkontribusi positif dalam mewujudkan visi pemerintah untuk mengembangkan IKN sebagai pusat pemerintahan yang komprehensif. (*)