Gempa Magnitudo 5,3 di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Mengakibatkan 256 Jiwa Mengungsi

NUSANTARAPOS || SIGI – Sebuah gempa bumi dengan magnitudo 5,3 telah terjadi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, mengakibatkan 256 warga Desa Kamarora B, Kecamatan Nokikalaki, harus mengungsi. Dari jumlah tersebut, terdapat 19 balita, 16 warga lanjut usia (lansia), dan dua orang ibu hamil yang mengungsi untuk menghindari risiko lebih lanjut akibat gempa tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah, Andy A. Sembiring, menyatakan bahwa saat ini warga yang mengungsi membutuhkan bantuan berupa makanan siap saji, selimut, dan kelambu sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mereka yang terdampak oleh gempa tersebut, dilansir dari Antaranews.com Senin  (7/8/2023).

Gempa ini, yang tidak berpotensi tsunami, berpusat di darat dengan koordinat 1,19 lintang selatan dan 120,26 bujur timur, sekitar 47 kilometer timur laut dari Sigi, dengan kedalaman 16 kilometer. Kejadian ini memerlukan respons cepat dari pihak berwenang dan badan penanggulangan bencana untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada warga yang terdampak.