Peran Krusial K-Pop Fans Indonesia dalam Upaya Penghijauan Bersama LindungiHutan

Dalam dedikasi mengejar musik dan idola, penggemar K-Pop menunjukan komitmennya terhadap aksi lingkungan. Berlandaskan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan konservasi, para K-Pop Fans dari berbagai komunitas giat meluncurkan berbagai aksi lingkungan yang menginspirasi.

Salah satu aksi lingkungan yang digemari oleh para K-Pop Fans ialah aksi penanaman pohon. Sepanjang tahun 2019-2023, LindungiHutan mencatat sebanyak 336 kampanye alam dengan total 69.000 pohon berhasil ditanam di berbagai lokasi seluruh Indonesia. Angka tersebut menunjukkan besarnya kepedulian komunitas K-Pop terhadap lingkungan.

Penanaman Mangrove sebagai Perayaan Hari Ulang Tahun Haechan dari NCTZenArmy, Blink, Carat, EXO-L dan NCTzen adalah beberapa nama-nama fans idol yang turut serta mewarnai campaign donasi pada website LindungiHutan. Mulai dari aksi untuk merayakan ulang tahun idol, debut album baru, sampai pada perayaan comeback boygroup/girlgroup idola mereka.

Contoh salah satu Campaign Page buatan K-Pop FansSalah satunya kampanye alam bertajuk “Pohon dari ARMY – BTS 8th Anniversary Project”, Akira Frea perwakilan komunitas PohonDariArmy x #Festapora– menuturkan bahwa alasan dibalik aksi tersebut adalah sebagai pembuktian bahwa K-Pop Fans tidak melulu berbicara mengenai musik dan karya, tetapi lebih dari itu juga tentang mengambil bagian dalam kesadaran lingkungan.

Foto area setelah penanaman dari hasil kampanye BTS 8th Anniversary Project.Sebagai individu atau Fans Kpop, kami menyadari  pentingnya kebutuhan terhadap area hijau dan kualitas udara yang baik. Terlebih selama ini semua aktivitas yang kita lakuin itu secara tidak langsung berimbas ke lingkungan. Jadi kita bersama-sama berusaha untuk melakukan hal kecil yang diharapkan dapat menjadi sesuatu yang besar & bermanfaat beberapa tahun lagi,” ujar Akira.

Perwakilan K-Pop Fans dari Semarang Ikut Menanam Pohon Mangrove bersama Petani Setempat dan LindungiHutanGerakan penghijauan yang dilakukan banyak fandom di LindungiHutan seakan menjadi simbol inklusivitas bahwa aksi iklim adalah milik semua orang, tidak rumit dan juga tidak mustahil untuk dilakukan.

LindungiHutan sebagai halnya sebuah platform penggalangan dana, memandang optimis aksi yang dilakukan oleh K-Pop Fans ini karena diyakini memiliki visi dan misi yang sama, yakni bersama menghijaukan Indonesia. 

Melalui fitur buat kampanye, pilih lokasi penanaman >> Masukan detail seperti judul kampanye, target, durasi pengumpulan dana, serta juga deskripsi cerita dibalik kampanye >> setelah itu halaman kampanye siap untuk didonasi dan sebarluaskan>>

Fitur Create Campaign di Website LindungiHutanSelain dari kemudahan akses untuk mengumpulkan donasi, menurut Akira keputusan bekerja sama juga dipengaruhi oleh kegiatan penanaman LindungiHutan yang banyak dilakukan di area yang membutuhkan ruang hijau dan juga testimoni yang dimiliki.

ARMY puas dan happy karena kami juga mendapatkan pengalaman baru di lapangan dan turut membantu penanaman mangrove secara langsung sekaligus bertukar informasi & pengetahuan bersama petani setempat.”

Aminul Ichsan, Operational Manager LindungiHutan, menuturkan bahwa K-Pop Fans memiliki loyalitas yang tinggi terhadap idolanya. Tidak mengherankan jika mayoritas dari setiap kampanye yang diadakan mengumpulkan jumlah pohon yang cukup banyak. Hal tersebut dinilainya memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan.

Ia juga berharap kedepannya antusias para K-Pop Fans dapat terus kuat dan meningkat untuk menciptakan sebuah aksi nyata bagi lingkungan yang dalam hal ini ialah kampanye penanaman pohon bersama LindungiHutan.

About LindungiHutan
LindungiHutan start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Sosial sejak tahun 2018. Menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, kini sebanyak 720 ribu pohon berhasil tertanam dan sebanyak 481 brand/perusahaan telah menjalin kolaborasi. Memiliki lokasi penanaman di 47 lokasi di Indonesia, dengan ceritanya masing-masing yang akan semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Mulai dari program The Green CSR, program Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. LindungiHutan hadir melalui berbagai kanal, baik melalui email di [email protected], akun Linkedin LindungiHutan, dan akun Instagram @lindungihutan.
Contact
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Intan Widianti Kartika Putri Head of Partnership Email: [email protected] Phone: +62 823-2901-5769 LindungiHutan Jl. Lempongsari I No. 405, Lempongsari, Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231 Website: https://lindungihutan.com/