Peka Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat, Koramil 0801/Pacitan Bersama BPBD Salurkan Air Bersih

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pacitan, kian intens menyalurkan bantuan air bersih di beberapa Desa terdampak bencana kekeringan. 

Tercatat saat ini ada 11 Kecamatan, 31 Desa, dan 90 Dusun tersebar di wilayah Kab. Pacitan mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih, dan sedang mengajukan untuk disuplai air bersih setiap hari. 

Upaya penanganan bencana kekeringan di wilayah, juga tak lepas dari peran TNI, karena Ini salah satu bentuk kepekaan dalam menyikapi kesulitan warga di beberapa daerah yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang. 

Pada kesempatan ini, Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama BPBD melakukan pendistribusian air bersih kepada warga terdampak kekeringan yang berlokasi, di Dusun Nglaban, Desa Sambong,  Kec./Kab. Pacitan, Sabtu, (16/09/2023).

Sementara itu, Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Kav Dadut Setiawan menjelaskan, bahwa penanganan dampak kekeringan akibat musim kemarau, untuk jangka pendek akan terus kita lakukan yakni dengan mendistribusian air bersih secara langsung kepada warga. 

“Dalam pendistribusiannya kita menggunakan truk tanki yang berkapasitas 5.000 liter milik BPBD. Diharapkan ini dapat membantu kesulitan warga yang terdampak selama musim kemarau”, kata Danramil saat mendampingi pendiatribusian air bersih di lokasi. 

Melihat kondisi ini, Ia juga berharap agar segera ada solusi, selain melalui pendistribusian menggunakan truk tangki, sehingga di tahun yang akan datang masyarakat tak lagi mengeluh dalam mendapatkan air bersih. 

“Kami berharap kepada pemerintah daerah, agar program penyediaan air minum berbasis masyarakat bisa terlaksana dengan optimal, dan menyasar daerah-daerah yang sulit terjangkau ataupun masuk kategori risiko tinggi potensi kekeringan”, ungkapnya.