Cegah Longsor, Babinsa Koramil 0801/04 Bantu Warga Bangun Talud

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Pagi ini, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan Serda Fendi bersama masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti pembuatan talud yang berlokasi di Desa Ploso, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Minggu (17/09/2023). 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan kerja bakti ini selain untuk memberdayakan peran serta masyarakat dalam pembangunan, juga sebagai salah satu upaya meningkatkan perkonomian warga, agar lebih baik. 

Pembangunan talud sepanjang 30 meter dan tinggi  2 meter itu dikerjakan secara gotong royong, guna menahan tanah agar tidak mudah longsor, karena terkikis air saat musim penghujan tiba. 

Dalam keterangannya, Babinsa 0801/04 Tegalombo mengatakan, pihaknya dan warga sekitar berinisiatif memanfaatkan hari libur untuk mengerjakan talud agar hasilnya lebih optimal, pasalnya dalam kesehariannya warga setempat mayoritas bekerja sebagai petani dan berladang. 

“Kehadiran kami untuk membantu pekerjaan agar cepat selesai, disamping juga menjadi motivasi bagi masyarakat, sehingga mereka lebih bersemangat dalam bekerja. Mudah-mudahan manfaatnya nanti bisa dirasakan bersama”, ujarnya saat berada di lokasi. 

Tak hanya sampai disitu, peran serta Babinsa di wilayah dinilai sangat penting, disamping menjaga keamanan dan ketertiban, dirinya juga mendukung berbagai program kegiatan sosial kemasyarakatan sesuai tugas pokok dan fungsinya. 

“Selama ini hubungan kerjasama antara Babinsa dan masyarakat tidak ada permasalahan dan berjalan dengan baik. Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat”, ungkapnya. 

Sementara itu, Wardoyo (46) warga setempat mengucapkan terima kasih kepada TNI atas kepeduliannya dalam membantu pembangunan talud, dan berharap hubungan kerjasama ini terus terjalin dengan baik.