FILM  

Menjaga Harta Negara Lewat Film

NusantaraPos – Menjaga harta kekayaan negara bukan hanya tugas pemerintah melainkan seluruh warga negara Indonesia, termasuk anak zaman milenial. Mengawal harta negara tentu dapat dilakukan dengan beragam cara.

Salah satunya seperti yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan menggelar road show Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) tahun 2018 di Museum Sri Baduga Jalan Peta, Kota Bandung, Sabtu (12/5/2018). Selain Kota Bandung, BPK bekerja sama dengan United State Agency for International Development (USAID) juga menggelarnya di sejumlah kota lain seperti Aceh, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Ambon. 

Festival film tersebut merupakan usaha BPK untuk lebih mendekatkan perspektif publik tentang tugas dan fungsinya mengawal harta negara. 

Pada acara tersebut, Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin sempat menyaksikan sejumlah film. Solihin sangat mengapresiasi sejumlah film karya anak Bandung. 

“Karya yang berkualitas. Komunikasi yang pas untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Ini merupakan kunci salah satu keberhasilan informasi. Semua dari kita harus tahu tentang kewajiban mengawal harta negara,” kata Solihin dalam Siaran Pers Humas Kota Bandung.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKP Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa menyampaikan, masyarakat perlu mengetahui tentang harta yang dimiliki negara. Salah satu caranya melalui festival ini.

“Peran dan fungsi BPK untuk menjaga harta negara, harus dituangkan dalam hal yang menarik. Maka kegiatan ini harus sampai kepada masyarakat,” katanya. 

Festival dengan target para siswa sekolah maupun perguruan tinggi itu, diharapkan mampu menghadirkan para pelaku karya seni yang memberikan manfaat bagi masyarakat. 

“Mari berkarya sejak dini, demi kemajuan bangsa,” tegasnya. 

Selain Kompetisi film, FFKHN 2018 juga menggelar kompetisi ide cerita film, kompetisi film pendek, film fiksi, film dokumenter, dan citizen journalist.

Rencananya, puncak kegiatan FFKHN tahun 2018 akan diselenggarakan di Kota Bandung pada September mendatang. 

Sejumlah tokoh dan pejabat yang hadir di road show FFKHN ini di antaranya, Anggota V BPK RI Isma Yatun, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK RI, Yudi Ramdhan Budiman, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, dan Aktor Senior Slamet Rahardjo. (*)