DAERAH  

Siraman Gong Kyai Pradah, Bupati Blitar Harap Tingkatkan Ekonomi Warga

BLITAR,NUSANTARAPOS,-Bupati Blitar Rini Syarifah mengikuti Prosesi Adat Siraman Gong Kyai Pradah untuk Melestarikan Kearifan Lokal dan Meningkatkan Ekonomi UMKM di Sutojayan Kabupaten Blitar, 29 September 2023.

Prosesi adat Siraman Gong Kyai Pradah yang digelar di Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan juga dihadiri oleh Forkopimda Blitar, Sekda Kabupaten Blitar, Kepala OPD, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar, Ketua MUI, dan Muspika Kecamatan Sutojayan.

Tradisi Siraman Gong Kyai Pradah merupakan sebuah tradisi dan kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Blitar. Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dan 1 Syawal penanggalan hijriyah di Alun-Alun Kawedanan Lodoyo.

Bupati Blitar, Mak Rini, mengungkapkan harapannya agar Jamasan Gong Kyai Pradah ini dapat menjadi magnet bagi masyarakat untuk melestarikan adat budaya serta meningkatkan ekonomi para pedagang dan pelaku UMKM.

“Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini, masyarakat dapat lebih menghargai dan memperkenalkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Blitar,” ujarnya.

Mak Rini juga menjelaskan bahwa acara Siraman Gong Kyai Pradah ini bukan hanya sekadar acara adat, namun juga berdampak positif bagi perekonomian daerah.

“Melalui acara ini, para pedagang dan pelaku UMKM di sekitar lokasi acara dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan menjual produk-produk tradisional, makanan, dan suvenir kepada pengunjung yang hadir,” terangnya.

Bupati Blitar berharap semakin banyak masyarakat yang turut serta dalam upaya pelestarian budaya tradisional ini. Dengan demikian, tradisi Siraman Gong Kyai Pradah akan terus hidup dan menjadi warisan yang berharga bagi generasi mendatang.(Farra)