Demi Kenaikan Pangkat Pertamanya, Prajurit TNI Ini Jatuh Bangun

Madiun, – Korem 081/DSJ menggelar Garjas (kesegaran jasmani) Periodik Semester II Tahun 2023, bertempat di Stadion Wilis Kota Madiun, Rabu (11/10/2023). Tak hanya para prajurit TNI, Garjas itu juga diikuti oleh ASN di lingkungan Korem 081/DSJ.

Tampak dalam pengambilan nilai Garjas itu, mereka berlomba untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mengingat nilai Garjas juga digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan kenaikan pangkat.

Salah satunya yaitu Serda Narotama Manggolo Jati yang kesehariannya bertugas di staf penerangan Korem 081/DSJ. Garjas yang diikutinya kali ini terasa begitu spesial, karena akan digunakannya untuk mendapatkan kenaikan pangkat pada periode 1 April 2024 mendatang.

Sejak jauh-jauh hari, Narotama sapaan akrabnya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Garjas Periodik Semester II Tahun 2023.

“Kalau persiapannya sudah lama, bahkan sejak beberapa bulan lalu. Mau itu dengan pembinaan rutin di satuan maupun saat di rumah,” katanya ditemui di lokasi.

Bahkan dirinya juga rela mengorbankan waktu libur dan di luar jam dinasnya untuk melakukan pembinaan fisik guna menghadapi momen tersebut.

“Pokoknya setiap hari diupayakan untuk bisa pembinaan. Kalau tidak bisa saat jam dinas, ya di luar jam dinas atau saat hari libur,” sebutnya.

Usaha tidak mengkhianati hasil, Narotama pun mengaku puas dengan nilai Garjas yang diperolehnya kali ini.

“Kalau ditanya puas atau tidak, Alhamdulillah cukup puas. Insyaallah dapat memenuhi syarat kelulusan untuk kenaikan pangkat,” ujarnya.

Sebagai informasi, penilaian Garjas yang dilakukan meliputi Samapta A dan B yang terdiri dari materi lari 12 menit, sit up, push up, pull up, dan shuttle run. Serta materi ketangkasan yang berupa renang dasar militer.