PEDULI LINGKUNGAN SATGAS TMMD 118 KODIM 0818 HADIRI REMBUK PENGELOLAAN SAMPAH

MALANG,NUSANTARAPOS, – Warga Sumberpetung bersama Satgas TMMD 118 Kodim 0818 mengikuti kegiatan Non fisik yakni penyuluhan tentang pengolahan sampah dalam kegiatan Rembuk Pengelolaan Sampah Desa yang dilaksanakan di Balai Desa Sumberpetung Sabtu pagi (14/10/23).

Pemberian materi Pengelolaan sampah dalam kegiatan sasaran Non fisik TMMD 118 Kodim 0818 ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang hadir dalam kegiatan tersebut Serka Kusdarianto personil satgas TMMD 118.

Serka Kusdarianto mengatakan hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

”Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan yang khususnya berasal dari limbah rumah tangga warga Sumberpetung, ” terangnya.

Menurutnya, Sosialisasi penyuluhan tersebut bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah sebagai sesuatu yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai guna.

“Saat ini jangan menilai sampah sebagai hal yang tidak berguna. Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Serka Kusdarianto juga menyampaikan kepada warga yang hadir mengikuti acara tersebut agar tidak membakar sampah sembarangan, selain bahaya terjadinya kebakaran juga dapat menimbulkan polusi udara yang tidak sehat.