Cara Mengecek Nomor Ijazah SMA untuk Tes CPNS

NUSANTARAPOS, JAKARTA,- Usai menyelesaikan pendidikan formal anda tentunya akan mendapatkan suatu dokumen penting yang bernama ijazah yang diterbitkan oleh badan resmi. Bisa dibilang ijazah merupakan sertifikat yang diakui sebagai bukti kelulusan dan prestasi belajar seseorang dari jenjang pendidikan formal dan non formal.

Ijazah juga menjadi persyaratan penting dan utama saat anda sedang mencari pekerjaan. Saking pentingnya ijazah, sehingga banyak orang yang menyimpannya dengan sangat baik seperti dokumen penting lainnya misalnya sertifikat tanah atau rumah, BPKB, dan lain sebagainya.

Nah, persyaratan untuk ikut dalam tes CPNS Tahun 2023 juga membutuhkan ijazah sebagai dokumen wajib. Ijazah yang diminta adalah yang sesuai dengan pendidikan terakhir yang anda tempuh.

Saat mendaftar, para peserta diminta untuk mengisi nomor ijazah. Perlu diketahui bahwa nomor ijazah berbeda-beda, tergantung dengan jenjang pendidikan yang ditempuh. Bukan hanya nomor, letaknya juga berbeda tergantung jenjang pendidikan yang anda miliki saat itu.

Ciri Ijazah Asli

Sebelum mengetahui cara cek nomor ijazah SMA, sebaiknya anda mengetahui ciri ijazah yang asli terlebih dahulu.

Berikut adalah ciri ijazah asli:

Kertas ijazah asli mempunyai tekstur tebal dan berbeda dengan kertas biasa. Hal ini dikarenakan hanya diproduksi dari Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).
Ijazah adalah dilengkapi hologram permanen yang sudah menyatu dengan kertas sehingga tidak mudah lepas.
Terdapat nomor seri khusus yang hanya bisa diterbitkan oleh institusi pendidikan terkait.

Letak Nomor pada Lembar Ijazah SMA Asli

Cara cek nomor ijazah dan letaknya sangatlah mudah. Letak nomor ijazah SMA berada di bawah dari halaman depan ijazah anda.

Lantas, bagaimana untuk memastikan kalau itu nomor ijazah atau bukan? Perlu diketahui bahwa nomor ijazah mempunyai kode tersendiri. Kode DN (Dalam Negeri) menjelaskan kalau ijazah didapatkan dan menempuh pendidikan di Indonesia. Kode LN (Luar Negeri) artinya ijazah tersebut didapatkan dari menempuh pendidikan di luar Indonesia.

Selanjutnya, diikuti dengan kode provinsi, jenjang pendidikan, satuan pendidikan, kurikulum dan nomor seri atau nomorator.

Penulisan kode nomor ijazah SMS biasanya terletak di bawah tulisan “LULUS” pada lembar depan serta dilengkapi dengan tanggal anda lulus. Berbeda dengan ijazah SMK, dimana tidak menggunakan kode DN seperti pada ijazah SMA.

Agar lebih mudah untuk memahaminya, berikut contohnya: DN-02/M-SMA/10/3258674. Penjelasannya adalah, DN artinya ijazah tersebut diperoleh setelah menempuh pendidikan formal di dalam negeri. Kod 02 menerangkan daerah yaitu Jawa Barat. Lalu kode M artinya adalah satuan pendidikan menengah dan SMA berarti Sekolah Menengah Atas. Sedangkan kode 10 menerangkan kurikulum yang digunakan saat itu. Kode angka terakhir menerangkan nomor seri dari ijazah tersebut.

Cara Cek Nomor Ijazah SMA secara Online

Di era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, anda juga bisa melakukan pengecekan nomor ijazah secara online. Untuk melakukannya anda membutuhkan perangkat seperti ponsel atau laptop yang dilengkapi dengan jaringan internet yang stabil.

Dalam hal ini, anda dapat melihat nomor ijazah secara online di situs Kemendikbud. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini:

Yang pertama buka browser di ponsel, laptop atau perangkat lain yang anda gunakan.
Lalu kunjungi situs kemendikbud.
Masukkan nomor Induk Siswa Nasional (NISN), nama ibu kandung, dan kode captcha yang muncul. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar ya.
Selanjutnya, klik tombol Cari Data dan tunggu beberapa saat.
Setelah itu, data nomor ijazah anda akan muncul.

Itulah cara cek nomor ijazah yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.