Semangat Pesta Literasi: Menjaga Kebhinekaan dan Budaya Pacitan

NUSANTARAPOS || PACITAN – Kegiatan Pesta Literasi Pemuda Pacitan dalam Merawawat Kebhinekaan , berlangsung meriah yang dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala Dinas Parbudpora, Kadis perpustakaan dan Arsip, Kabid Pemuda Dinasparbudpora, Dewan Kesenian Pacitan, Wakil Ketua, Yayasan PPLP-PT, Dosen STKIP, dan segenap civitas akademika, diselenggaraakan di halaman STKIP PGRI Pacitan, Senin (30/10/2023), jam 19/30 WIB.

Pandu Khemal sebagai wakil dari Bupati Pacitan, mohon maaf Pak Bupati Pacitan tidak bisa hadir. Ia menyampaikan konsep  Bupati Pacitan dalam membangun Pacitan melalui jalan kebudayaan. prinsipnya menjadikan Pacitan sejahtera dan bahagia melalui pembangunan fisik maupun non fisik yang didalamnya nilai karakter, budaya Pacitan.

Agoes Hendriyanto sebagai pemilik Socio Cultura Indonesia menyoroti bahwa Pacitan kota 1001 goa, Pacitan menyimpan misteri kejayaan masa lampau yang harus terus kita gali.  Hal ini untuk menemukan jatidi Pacitan sebagai wilayah untuk mengembleng anak-anak muda menjadikan sebagai generai penerus yang sudah ada sejak dulu kala.

Ia menyoroti budaya Pacitan yang telah mendapatkan WBTB meliputi Wayang Beber, Ceprotan, Brojo Geni, Tetaken, Kethek Ogleng Pacitan, serta Badut Sinampurno yang mengandung nilai-nilai filosofis.

Mulyadi yang mewakili Ketua STKIP PGRI Pacitan yang berhalangan hadir menyampaikan bahwa mahasiswa mempunyai potensi yang harus dipupuk. STKIP PGRI  siap berkolaborasi kepada siapapun yang ingin membangun dan mengembangkan  Pacitan.

Reza sebagai ketua program Studi PBSI Pacitan menyampaikan agenda kegiatan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 10 Oktober sampai  malam hari ini. Lomba esai yang malam hari ini diumumkan pemenangnya baik tingkat pelajar, PT se-eks-karesidenan Madiun, serta pemuda dengan total hadiah 3,8 juta.

Berikut hasil kejuaraan Esai ‘Pesta Literasi Pemuda Pacitan dalam Merawat Kebhinekaan” :

Tingkat SMA/MA/SMK

Juara 1 DINNO HANS NUGROHO,  (SMK PGRI NGADIROJO) mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 700.000,-

Juara 2 AUDY AULIA INSANI SUDRAJAT (SMAN 1 PACITAN), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 400.000,

Juara 3 ASSAYIDAH ALYA’ ARRAYYAN (SMK NEGERI BANDAR), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 250.000,

MAHASISWA Se Karesidenan Madiun

Juara 1 ANIS RAHMADHANI ( IAIN PONOROGO), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 700.000

Juara 2 SISKA JULIANI (STKIP PGRI PACITAN), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 400.000

Juara 3 TIARA OKTAVIA LAMADIRI (STKIP PGRI PACITAN), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 250.000

PEMUDA/UMUM

Yusuf Mukib (Mts Ma’arif 02 Pacitan), mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan 700.000,-

“Kegiatan dimeriahkan oleh Orkes Keroncong STKIP,   pembacaan puisi;  dan Ketua DKP Pacitan, Yadex, mahasiswi STKIP PGRI Pacitan, Alsa daruna.  Kegiatan diakhiri dengan pementasan drama oleh mahasiswa STKIP PGRI Pacitan,” jelas Reza. (*)