DAERAH  

Gerakan Aliansi Masyarakat Pacitan Peduli Palestina Digelar Di Pacitan

Doa Bersama Dukung Palestina

PACITAN, NUSANTARAPOS, -Hari ini Minggu 26 November 2023 kegiatan aksi peduli palestina terlaksana. Kegiatan dimulai dari pukul 06.00 -selesai. Peserta berdasarkan undangan diantaranya dari Forkopimda, Tokoh masyarakat, Karang taruna, Ormas keagamaan, Sebagian sekolahan dan lainnya.

Rute titik kumpul di Masjid Agung, lalu berjalan melewati depan pendopo, depan Dinas Lingkunan Hidup, SMP 2, SMP 1, SD Baleharjo 1 belok kanan menuju depan panggung seterunya duduk mengikuti agenda acara.

Menurut Danang S.T. Ketua Panitia saat ditemui nusantarapos menyampaikan,” Aksi bela Palestina peserta yang hadir diprediksi 500 sampai 1000.” katanya.

Ternyata tidak terduga peserta melebihi dari prediksi bahkan ribuan peserta yang datang. Acara diisi dengan Orasi Aksi kemanusiaan, Puisi, Do’a bersama dan Infaq kemanusiaan.

Dihadiri lintas agama, Suku, Ketua Dewan Ronny Wahyono, Istri Bupati Pacitan Efi Suraningsih, MUI yang diwakili sekretarisnya Subiyanto , Baznas oleh KH Sodiq Sujak, Dandim diwakili staf, Juga hadir Gabungan organisasi wanita, Perwakilian NU Kiyai Syarif , Muhammadiyah diwakili Suprayitno, lDI dan umat muslim lainya, Ada juga Ketua Takmir Masjid Agung, Ketua Karang Taruna Sonhaji, TPA se Kab Pacitan, HSMI, lMI.

Untuk Do’a dipercayakan Kiyai Sodik Sujak. Sebelum berdo’a diberikan dalil” dalil yang menyangkut Palestina dan pekikan merdeka untuk Palestina.

Sementara sambutan Danang S.T Ketua Aliansi dengan ucapan terima kasihnya kepada undangan dan semua yang hadir, selanjutnya mengajak kepada semuanya memberi dukungan kepada Palestina.

Selain itu Ronny wahyono membacakan pernyataan sikap masyarakat Pacitan soal kebiadapan Israel terhadap Palestina agar dibawa ke Mahkamah Internasional.

Dan terus bergantian orasi-orasi tentang palestina diucapkan istri Bupati Pacitan Efi Suraningsih, dilanjutkan pembaca puisi lainya masih seputaran dukungan Palestina. Tidak disangka Kiyai Kharimatik Gus Amak turut hadir dengan ciri khasnya yang duduk tidak berdampingan dengan para undangan lainya.

Lebih lanjut orasi dibawakan Subiyanto mewakili MUI, Muhammadiyah diwakili Prayitno, berikutnya perwakilan dari IKADI diteruskan Drama anak-anak Palestina oleh TPA Muttaqim dari desa Sidoharjo-Pacitan.

Suatu kegiatan yang luar biasa yang dikomandani seorang Danang S.T bahkan acara seperti ini dengan kehadiran masa melebihi prediksi terbilang sukses, mengingat, selain itu do’a sesepuh Pacitan punya peran terdepan yang sangat penting soal perang Palestina vs Israel. (Mujahid)