DAERAH  

Penggunaan Anggaran Advetorial Rp 13.500.000 di Disporyata Pemkot Depok Disorot Publik

Balai Kota Depok (Foto: Rizky)

DEPOK, NUSANTARAPOS,-Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyerapan anggaran pemerintah umumnya dipercepat menjelang ahir tahun.

Seperti halnya Anggaran yang diperuntukkan bagi media dalam bentuk kerjasama Adveditori pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Depok Rp 13.500.000 dipertanyakan hingga disorot Publik.

Pasalnya penghujung pada tahun 2023 pihak Disporyata Pemkot Depok memiliki anggaran Advetorial Media dari APBD Rp 13.500.000. Namun rupanya Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik diduga dihiraukan oleh sejumlah pejabat pemerintah Kota Depok yaitu Kepala Disporyata Pemkot Depok yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan Anggaran tersebut.

Sejumlah awak media patut mencurigai anggaran Advetorial di Disporyata Pemkot Depok TA 2023, karena beberapa perusahan media mengetahui Anggaran untuk media hanya dikelola oleh Diskominfo Pemkot Depok saja.

“Bukannya Anggaran Publikasi ataupun Advetorial hanya ada di Diskominfo, saya baru tahu ini di Disporyata ada anggaran Advetorial Media lumayan cukup besar Anggaran nya 13 juta. Itupun penggunaannya untuk berapa Media juga tidak ada transparansi nya”, ujarnya salah Wartawan Media online yang bertugas di lingkungan Kota Depok, Selasa (12/12/23).

Hal tersebut, pada hari Senin (11/12/23) Awak media sudah mencoba konfirmasi ke Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Eko Herwiyanto terkait jumlah yang sudah diberikan ke perusahaan media dan media apa saja, dan sistem pembagian disetiap perusahaan media.

Namun sangat disayangkan, tidak menanggapi pertanyaan wartawan yang dikirmkan melalui Pesan WhatsApp dikarenakan no Handphone beberapa Wartawan di blokir hingga berita ini dimuat.

Berikut Anggaran Advetorial yang di kelola oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok :

1. Advertorial di media online lokal Rp 13.500.000 Dikecualikan APBD 3907687 July 2023.(Ri)