Prestasi Gemilang: Usahid Surakarta Terpilih Sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Terbaik ISS MBKM Liga 3 Tahun 2023

NUSANTARAPOS || SURAKARTA – Universitas Sahid (Usahid) Surakarta meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi pelaksana terbaik dalam Institutional Support System (ISS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Liga 3 tahun 2023. Penghargaan ini diberikan oleh Diktiristek melalui surat keputusan Direktur Kelembagaan, Lukman, tertanggal 11 Desember 2023, dengan nomor 7621/E3/PN.04/2023. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada 13 Desember 2023.

Penilaian terhadap Usahid Surakarta sebagai perguruan tinggi pelaksana terbaik ISS MBKM didasarkan pada pencapaian target kegiatan dan kinerja yang dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut. Yunita Primasanti, Koordinator Program MBKM di Usahid Surakarta, menjelaskan bahwa universitas ini termasuk pemenang dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun 2023 dan memenangkan skema untuk penguatan sistem pendukung institusi (ISS-MBKM).

Usahid Surakarta aktif melaksanakan enam kegiatan dalam ISS MBKM, termasuk pengadaan teknologi informasi, penyediaan dokumen tata kelola MBKM, pengembangan mitra institusi, dan bantuan insentif bagi mahasiswa pelaksana MBKM. Universitas ini juga melibatkan mahasiswa dalam tujuh dari sembilan jenis program MBKM, seperti magang, kampus mengajar, KKN tematik, proyek independen, proyek kemanusiaan, pertukaran mahasiswa, dan kewirausahaan.

Mahasiswa Usahid Surakarta yang mengikuti program MBKM terlibat dalam berbagai kegiatan, termasuk magang di perusahaan mitra, KKN tematik di Desa Dibal, kampus mengajar di sekolah-sekolah, proyek independen, proyek kemanusiaan, pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi mitra, dan program kewirausahaan. Program kewirausahaan melibatkan lima kelompok mahasiswa yang menghasilkan produk kreatif untuk dipasarkan.

Rektor Usahid Surakarta, Sri Huning Anwariningsih, menyatakan bahwa penghargaan ini adalah bukti komitmen universitas dalam mendukung program pemerintah tentang MBKM. Dia menyambut penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Usahid Surakarta. (Erwin)