banner 970x250

Pj Gubernur Papua : Jenazah Lukas Enembe Akan Dijemput oleh Pemda dan Masyarakat

Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun (baju hijau) didammpingi keluarga dan kerabat mantan Gubernur Lukas Enembe saat di rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mendatangi Rumah Duka Sentosa RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ridwan datang untuk melayat mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Terlihat Ridwan mendatangi ruang G Rumah Duka Sentosa untuk kedua kalinya. Ridwan yang mengenakan kemeja hijau tampak didampingi oleh keluarga serta kerabat dari Lukas.

Ridwan Rumasukun sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua. Dia juga menjabat Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua selama Lukas Enembe nonaktif sebagai Gubernur Papua

Usai berkunjung, Ridwan mengatakan telah disiapkan pesawat khusus untuk membawa jenazah Lukas serta keluarganya ke Papua. Nantinya, jenazah Lukas akan dijemput oleh pemda dan masyarakat.

“Sesampai di Jayapura nanti dijemput oleh Pemda Papua dan disambut oleh masyarakat,” kata Ridwan.

Ridwan menuturkan Lukas akan dimakamkan di tanah kelahirannya, di Koya, Papua. Terkait waktu pemakamannya, Ridwan mengatakan yang memutuskan adalah keluarga Lukas.

“Nanti keluarga yang akan menentukan, yang terpenting tugas kita mengantarkan ke Jayapura. Jamnya, waktunya (pemakaman) ditentukan oleh keluarga setelah berembuk,” ungkapnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Papua membuat surat edaran terkait instruksi pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap eks Gubernur Papua Lukas Enembe.

Surat yang tertanggal 26 Desember 2023 itu ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

“Dimintakan kepada para pimpinan instansi pemerintah, TNI-Polri, pemimpin agama, dan pimpinan lembaga kemasyarakatan serta seluruh masyarakat di Provinsi Papua untuk dapat mengibarkan Bendera Merah Putih Setengah Tiang di depan instansi atau kantor maupun rumah tinggal di wilayah masing-masing,” begitulah isinya.