DAERAH  

Ladang Amal KPP Pratama Tuban Bentuk Pelayanan Prima

Tuban, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban menelurkan trobosan dalam hal pelayanan kepada wajib pajak di lingkupnya. Bentuk pelayanan prima dengan mendatangi wajib di setiap kantor kecamatan masing – masing.

Pelayanan jemput bola ini dilakukan agar wajib pajak bisa lebih mudah dalam melakukan kewajibannya untuk pelaporan pajak. Selain itu juga lebih dekat dari rumah. Sehingga wajib pajak semakin antusias untuk datang ke lokasi pelayanan Non Kantor yang dilakukan oleh kantor perpajakan.

Dalam momen ini, Layanan Datang Ke Alamat Masyarakat Secara Langsung. Atau singkat di sebut Ladang Amal, melayani berbagai hal pelaporan tentang pajak. Seperti Lapor SPT, Aktifasi Efin, permohonan Non Efektif NPWP, hingga Konsultasi pajak. Sejumlah item tersebut senagaja dilakukan demi pelayanan prima kepada wajib pajak.

Segala kendala yang dinasibi wajib pajak bisa dikonsultasikan secara gratis di tempat Ladang Amal itu. Banyak warga yang datang dengan indikasi keluhan pajak beragam. Seperti hilang NPWP, lapor SPT tahunan hingga konsuktasi perpajakan lainnya.

Kemudahan yang diberikan oleh kantor yang beralamatkan di Jl. Pahlawan , Tuban ini menjadikan warga merasa terbantukan. Bahkan merasa wajib oajak lebih terbuka dengan kondisi pajaknya. “Senang mas, bisa lebih mudah, gampang, dekat rumah. Tadi laporan SPT dan lupa efin mas, ” kata Sulastri, salah satu wajib pajak asal Kecamatan Palang, Kamis (29/2).

Kegiatan positif ini mendapat acungan jempol Sekretaris Camat Palang, Bambang Siswandi. Menurutnya saat di datangi di ruangannya menjelaskan bahwa pelayanan yang dilakukan KPP Pratama Tuban merupakan sebuah terobosan yang sangat meringankan wajib pajak. Selain lebih dekat, warga juga merasa nyaman ketika bisa lapor pajak di wilayahnya sendiri.

Pihaknya juga sangat mendukung akan agenda tersebut. Berharap bisa ditindak lanjuti lebih bagus dan efisien. Kolaborasi ini, merupakan bentuk sinergitas antar lembaga yang sepatutnya bisa diagendakan lebih sering.

“Sangat mendukung. Justru senang bisa berkolaborasi dengan KPP Pratama Tuban, karena warga merasa bisa lapor perpajakan dengan mudah, cepat dan warga juga terkesan, ” serunya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengawasan 4, Totok Prasetya mengatakan bahwa Ladang Amal ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan pelayanan prima SPT Tahunan.

Pelayanan diberikan untuk mempermudah wajib pajak dalam melaksanalan kewajibannya pelaporan pajak. Kegiatan sengaja dilakukan di setiap kantor Kecamatan dan Kelurahan agar terfokus di titik umum.

Selain kecamatan Palang, kegiatan bertahap itu juga diberbagai kecamatan seluruh Kabupaten Tuban. Tujuannya agar merata dan bisa diakses hingga ke penjuru desa dan kecamatan yang agak jauh dari kota.

“Wujud pelayanan prima kepada wajib pajak agar lebih efisien dan mudah. Kita tempatkan di beberapa titik agar lebih terfokus dan pelayanan kami bisa maksimal,” ungkapnya. (Afi).